Home / Daerah

Rabu, 14 Juli 2021 - 20:03 WIB

Chaidir Syam Melantik dan Mengambil Sumpah 159 Anggota BPD 

RAKYATSATU.COM, MAROS – Bupati Maros AS Chaidir Syam melantik dan mengambil sumpah 159 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa jabatan 2021-2027. Pelantikan dilakukan di Ruang Pola Kantor Bupati Maros Rabu (14/7/2021). 

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan kepada 159 anggota BPD dari 25 desa di kabupaten Maros yang masa jabatannya telah habis pada 2021 ini.

 

Kepala Bidang Bina pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Syamsul mengatakan, sebagian anggota BPD telah dilantik pada tahun lalu sesuai masa jabatannya yang berakhir sedangkan 25 desa ini merupakan BPD yang tahun ini masa jabatannya berakhir tahun ini.

 

“tahun lalu sudah dilantik sebagian, tahun ini ada 25 desa lagi yang diambil sumpahnya. Setelah ini semua kepengurusan BPD telah lengkap,” ujar Syamsul.

 

Chaidir Syam Melantik dan Mengambil Sumpah 159 Anggota BPD 

Dia menambahkan, BPD sendiri merupakan anggota yang dipilih oleh panitia yang dibentuk oleh desa. Jumlah anggota BPD bervariasi yakni 5 orang, 7 orang dan 9 orang. Jumlah anggota BPD disesuaikan dengan jumlah penduduk dan jumlah dusun disebuah desa.

 

“Jika jumlah penduduknya banyak maka jumlah anggota BPDnya juga banyak, minimal 5 orang dan maksimal 9 orang tapi harus berjumlah ganjil karena jika terjadi voting maka bias ditentukan pemenangnya,” bebernya.

 

Sementara itu, Bupati Maros Chaidir Syam mengingatkan kepada anggota BPD untuk bekerja professional dan mengutamakan masyarakat. Pihaknya juga meminta BPD untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja kepala desa.

 

“Kami juga meminta kepada BPD bersinergi dengan pemerintah desa untuk terus bekerja melawan pandemi covid-19 ini karena kita tahu pandemi masih terus berlangsung dan tentu memukul perekonomian masyarakat,” papar Chaidir.

 

Lebih jauh, Chaidir meminta kepada BPD sebagai unsur pemerintahan desa dan kepala desa untuk bermitra sehingga komunikasi harus terus dibangun sekaligus bersinergi dan tetap melakukan koordinasi dan konsultasi serta bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Danlanud Sultan Hasanuddin Pimpin Upacara Pendidikan Transisi Penerbang dan Kualifikasi Khusus

Sinjai

Novel Dul Abdul Rahman Diapresiasi Pemkab Sinjai

Daerah

Demi Tugas Negara, Pasukan BKO Satbrimob Polda Sulsel Tembus Medan Darat Papua Sejauh Ratusan Kilometer

Daerah

Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Maros Dilantik

Daerah

Cerita Petugas Lab Covid Soppeng Saat Memeriksa Sampel Swab

Bone

Jelang Lebaran, Arus Lalu Lintas di Kota Bone Mulai Meningkat

Daerah

Kepala Dispusip Sinjai : Minat Baca Masyarakat Cukup Tinggi

Daerah

Hujan Tidak Surutkan Minat Masyarakat Ikuti Vaksin