Ikuti Rakor Dengan Presiden RI, Pemkot Tanjungbalai Akan Lakukan Evaluasi

Ikuti Rakor Dengan Presiden RI, Pemkot Tanjungbalai Akan Lakukan Evaluasi

RAKYATSATU.COM, TANJUNGBALAI – Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial bersama Wakil Wali Kota H Waris dan pimpinan Forkopimda Tanjungbalai, Ketua DPRD Tengku Eswin, Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, mewakili Kejari Tanjungbalai, Sekdakot Tanjungbalai Yusmada, Para Asisten dilingkungan Pemkot Tanjungbalai mengikuti Rapat Koordinasi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada Serentak tahun 2020, dengan Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo melalui Video Conference (Vidcon), di Pendopo rumah dinas Wali Kota, Rabu (14/4/2021).

Dalam arahannya kepada 184 Kepala Daerah hasil Pilkada serentak tahun 2020, Presiden menitip kepada pemimpin daerah untuk bisa bekerja dengan kecepatan tinggi, membuat inovasi baru, serta meningkatkan ketepatan kerja.

“Hal itu memang harus dilakukan, karena setiap Kepala Daerah itu hanya memiliki kesempatan membangun selama 5 tahun saja, jika kepemimpinannya baik, maka baru bisa dilanjutkan pada 5 tahun berikutnya,” ujar Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, Presiden juga menitip kepada Gubernur, Bupati dan Walikota untuk bisa meningkatkan belanja pembangunan dan modal dibandingkan belanja aparatur.

“Apalagi dimasa pandemi ini, kita harus menetapkan anggaran yang lebih terhadap pembangunan, karena hal itu bisa menunjang perekonomian masyarakat, selain itu Kepala Daerah juga jangan mengecer anggaran di dinas yang ada di daerahnya, karena nanti hasilnya tidak akan berdampak kepada masyarakat,” tuturnya.

Kepada pemenang hasil Pilkada tahun 2020, Presiden juga berharap mereka jangan puas dengan melihat hasil laporan saja, tetapi cek faktanya, kontrol dilapangan juga harus dilakukan.

“Kepala Daerah juga harus memfokuskan anggarannya terhadap prioritas unggulannya. Maka dari itu jangan banyak-banyak dalam menetapkan program unggulannya, jadi anggarannya kita bisa fokus terhadap program itu saja,” ujar Presiden

Sementara itu, Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial usai mengikuti rapat tersebut mengatakan akan segera menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia.

“Secepatnya kita akan mengevaluasi dan melakukan langkah-langkah strategis apa yang akan dan telah kita lakukan. Selain itu tadi Bapak Presiden juga mengintruksikan kepada seluruh Kepala Daerah terpilih untuk menstabilkan ekonomi lewat APBD terutama dalam situasi pandemi covid-19 saat ini, caranya adalah dengan memperbanyak program cipta karya,” katanya.

Tak lupa Wali Kota juga mengajak masyarakat untuk mendukung dan ikut berkontribusi dalam mewujudkan terlaksananya program Pemkot Tanjungbalai yang sejalan dengan Visi dan Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai.