Home / Daerah / Soppeng

Senin, 13 Desember 2021 - 11:59 WIB

Peduli Korban Bencana, IDI Cabang Soppeng Gelar Baksos

Beri Bantuan Hingga Pemeriksaan Kesehatan Gratis

RAYATSATU.COM, SOPPENG – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Soppeng menunjukkan profesionaliasme dan kompetensinya di tengah-tengah masyarakat, utamanya kepada para korban dampak banjir beberapa waktu lalu menerjang Kabupaten Soppeng.

Seperti yang dilakukan pada Minggu (12/12/2021) kemarin, pengurus IDI Cabang Soppeng bersama tenaga dari Puskesmas Batu-batu, menggelar Bakti Sosial (Baksos) di wilayah terdampak banjir, di Kelurahan Limpomajang, Kecamatan Marioriawa.

Bakti Sosial dari IDI Cabang Soppeng sendiri didampingi langsung oleh Lurah Limpomajang, Asidi, Kepala Puskesmas Batu-batu Hj. Nisma, S.Kep, Ketua IDI dr. Mega Citra Diatri Sp.PD.

Koordinator Lapangan (Korlap) Baksos IDI Cabang Soppeng, dr A. Mammiwati mengatakan sebanyak 80 paket sembako dan 100 dos air mineral yang diserahkan pada kegiatan Baksos. Selain itu, Pemeriksaan Kesehatan Gratis juga diikuti oleh 115 peserta yang terdiri dari 108 orang Dewasa dan 7 orang anak-anak.

Waga Limpomajang antusias ikuti pemeriksaan kesehatan gratis oleh IDI Cabang Soppeng

Sementara Ketua IDI Cabang Soppeng, dr. Mega Citra Diatri Sp.PD. mengatakan lokasi baksos yang digelar IDI Soppeng merupakan lokasi banjir yang belum banyak mendapatkan bantuan dari luar.

“Kami menyampaikan amanah para donatur, yang kebanyakan dokter se-Kabupaten Soppeng dan juga masyarakat umum yg menitip melalui IDI, untuk memberikan bantuan berupa sembako dan untuk balita ada makanan sehat dan popok,” kata dr Mega.

Selain memberikan bantuan berupa sembako, kehadiran IDI Cabang Soppeng di lokasi bencana juga memberikan pelayanan screening kesehatan dampak dari banjir sebelumnya.

“Kehadiran IDI Cabang Soppeng juga untuk membantu melakukan screening kelayakan vaksinasi Covid-19 sebagai wujud dukungan terhadap kebijakan pemerintahan, juga pemeriksaan kesehatan secara gratis,” jelasnya.

Pemeriksaan Kesehatan warga terdampak bencana oleh pengurus IDI Cabang Soppeng

Periksaan kesehatan secara gratis juga kita lakukan oleh para dokter spesialis se-Kabupaten soppeng seperti Spesialis Jantung, Spesialis Internis, spesialis Anak, Spesialis THT, Spesialis Rehabilitasi Medik serta Dokter Umum dan Perawat.

Kehadiran pengurus IDI Cabang Soppeng di lokasi pasca bencana inipun mendapatkan apresiasi oleh Lurah Limpomajang, Asidi. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana sangat penting, mengingat resiko kesehatan setelah banjir penyakit rentan untuk menyerang.

“Jarang-jarang ada datang dokter-dokter ahli langsung ke wilayah sini. Tentu sebagai Pemerintah, kami sangat bersyukur dan terbantu serta sangat membutuhkan pemeriksaan kesehatan, maka dari itu masyarakat juga sangat antusias menyambut adanya pemeriksaan kesehatan,” terangnya.

Share :

Baca Juga

Asahan

Residivis Pembobol Rumah di Asahan Dihadiahi Timah Panas

Daerah

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN di Sinjai Dilakukan Penyesuaian

Sinjai

Raker Bersama OPD, Komisi I DPRD Sinjai Harapkan Ini

Daerah

Bupati Sinjai Serahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ke BPK

Daerah

Ratusan Anak Yatim di Wajo Terima Santunan Bulanan dari Masjid At-Taubah

Makassar

WTP ke-7 Dikantongi Pemkot Palopo

Bone

Apala Berhasil Bentuk Herd Immunity

Daerah

Kaswadi Apresiasi Kegiatan Pembinaan Komunitas Kodim Soppeng