Home / Advertorial / Daerah / Sinjai / Teknologi

Selasa, 13 September 2022 - 09:31 WIB

Aplikasi Sibantuki Sinjai Disosialisasikan, Begini Harapannya

Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib saat sosialisasi aplikasi Sibantuki dalam ngopi bareng dengan menghadirkan perbankan di Sinjai, Baznas Sinjai, Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ), Palang Merah Indonesia (PMI) dan beberapa lembaga lainnya di salah satu warkop di Jalan Syarif Al Qadri, Senin, (12/9/2022)/ Foto : Dok Bappeda

Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib saat sosialisasi aplikasi Sibantuki dalam ngopi bareng dengan menghadirkan perbankan di Sinjai, Baznas Sinjai, Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ), Palang Merah Indonesia (PMI) dan beberapa lembaga lainnya di salah satu warkop di Jalan Syarif Al Qadri, Senin, (12/9/2022)/ Foto : Dok Bappeda

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sinjai melahirkan inovasi baru. Namanya, aplikasi SiBaNTuki (Sinjai Bersatu dan Terintegrasi Tanggulangi Kemiskinan).

Aplikasi ini diperkenalkan langsung oleh Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib dalam ngopi bareng dengan menghadirkan perbankan di Sinjai, Baznas Sinjai, Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ), Palang Merah Indonesia (PMI) dan beberapa lembaga lainnya di salah satu warkop di Jalan Syarif Al Qadri, Senin, (12/9/2022).

Ditempat ini, terbangun diskusi yang berlangsung cair bagaimana dengan program SiBaNTuki tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sinjai.

Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib menjelaskan bahwa, program sistem informasi penanggulangan kemiskinan terpadu dan terintegrasi dalam bentuk aplikasi SiBaNTuki bertujuan untuk menyiapkan data base dengan menyajikan beberapa indikator untuk bagaimana kedepan kebutuhan dasar dari masyarakat bisa terpenuhi baik yang diberikan Pemda, Pemdes, maupun stakeholder lainnya.

“Untuk sementara kami fokus di enam Desa. Kenapa kita menentukan lokus agar bisa fokus dulu mencari pola, apakah pola dengan menerapkan sistem informasi ini lewat aplikasi SiBaNTuki kita bisa betul-betul menurunkan kemiskinan di Kabupaten Sinjai,” ungkapnya saat ditemui.

Enam Desa yang dimaksud adalah, Desa Lamatti Riawang, Kecamatan Bulupoddo, Desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur, Desa Palae Kecamatan Sinjai Selatan, Desa Baru Kecamatan Sinjai Tengah, dan Desa Kassi Buleng Kecamatan Sinjai Borong.

“Kalau itu sudah berhasil, bisa direplikasi ke Desa-Desa lain, karena program SiBaNTuki ini diharapkan adanya kerja sama untuk bergotong royong fokus keenam Desa agar bagaimana pengentasan kemiskinan Sinjai bisa ditanggulangi,” ujarnya.

Irwan menambahkan, aplikasi SiBaNTuki data dasarnya adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Seperti diketahui bahwa DTKS diupdate oleh masyarakat Pemerintah Desa sendiri melalui musyawarah Desa.

BACA JUGA :  Peringati HUT TNI, Pandam Hasanuddin Lakukan Penanaman Jagung Hibrida di Maros

“Nah dengan data DTKS ini kami juga akan mencari titik koordinatnya sehingga dalam hal penentuan indikator kita dapat melihat dalam peta pada titik mana indikator itu kita bisa munculkan. Artinya, nanti secara cepat dan efektif kita bisa melihat dalam satu Desa ini berdasarkan peta Desa dan titik koordinat setiap Desa yang akan kita cari,” jelasnya.

Dikatakan Irwan, melalui mekanisme tersebut tentu akan mempermudah OPD teknis atau stakeholder lain untuk meminta data ataupun memberikan bantuan kepada masyarakat, sehingga bantuannya itu tepat sasaran.

Dia berharap launching aplikasi itu dapat dilaksanakan pada pekan depan. Sebab, saat ini pihaknya masih memerlukan data tambahan serta masukan dan saran dari beberapa stakeholder. Apalagi kedepannya, diharapkan aplikasi ini bukan hanya milik Bappeda, tetapi milik bersama.

“Kebetulan kita ada tiga aplikasi Pemda kemungkinan besar tiga aplikasi ini baik yang dibuat DMPTSP, maupun Disdik akan dilaunching bersama oleh Bapak Bupati Sinjai,” pungkas mantan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian itu. [Ikhlas/Sudirman]

Share :

Baca Juga

Daerah

Gubernur Sulsel Resmikan Watampone Green Epicentrum

Daerah

Pemkab Sinjai Gratiskan Rapid Tes Antigen Untuk Peserta CPNS

Daerah

Danrem 141/Tp Bersama Personelnya Kelilingi Bone Pakai Sepeda

Barru

Study Banding ke Barru, BAZNAS Bone Takjub

Soppeng

Kopi Mattabulu Jadi Peserta di Festival Pesona Kopi Agroforestri 2022

Daerah

Waris Tholib Resmi Jabat Pelaksana Tugas Walikota Tanjungbalai

Sinjai

Bupati Sinjai Bersama Istri Dapatkan Dosis Ketiga Vaksinasi

Sinjai

Siswa SMA/SMK Sinjai Laksanakan Ujian Sekolah Berbasis Android