Pantau Kesiapan ANBK di SMP 18 Lau, Begini Pesan Kadisdik Maros

Kepala Dinas Pendidikan Ir H Takdir (tengah) didampingi Pengawas Sekolah Askari, saat meninjau persiapan ANBK SMP 18 Lau

RAKYATSATU.COM, MAROS – Ujian akhir sekolah tidak lagi menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK, tapi sudah menjadi Asassment Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Maros HM Takdir, saat memantau kesiapan SMP 18 Lau dalam menghadapi persiapan ANBK, Senin (13/9/2021).

Kadis Pendidikan Maros H Takdir dihadapan para guru SMP 18 Lau mengatakan, kebijakan mengenai ujian telah berubah, dimana pelaksanaan UNBK itu masih semi online, sedangkan ANBK sudah full online.

“Ada perbedaan dalam pelaksanaan ini. Sedangkan untuk kesiapan SMP 18 Lau mengikuti ANBK sudah bagus, sarana dan prasaranya sudah siap,” ujar Takdir.

Lanjut takdir, guru yang bertugas pada saat pelaksanaan UNBK harus standby untuk melihat seperti apa yang kurang untuk dilengkapi dengan maksimal agar memberi dampak baik bagi anak didik nanti saat mengikuti ANKB.

Tenaga Pendidik SMP 18 Lau, Kabupaten Maros pada kunjungan Kadisdik persiapan ANBK

“Jadi guru harus memahami pengoperasian komputer, karena itu adalah kunci teknis untuk mensukseskan kegiatan kita di setiap sekolah,” terangnya.

“Kita berharap anak didik tidak dirugikan dalam kebijakan-kebijkan yang berubah. Intinya adalah kita memberikan pelayanan terbaik terhadap anak didik,” sambung mantan Kepala Keuangan Pemkab Maros.

Sementara pelaksanaan ANBK ditengah pandemi covid-19 ini, dirinya sangat berharap  kepala sekolah, operator, guru dan tenaga kependidikan bisa memiliki kepekaan dan kepedulian agar jangan ada menjadi korban atau sumber klaster covid-19 di sekolah.

“Kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik harus lebih tangguh untuk memotivasi anak didik yang berbagai latar belakang dan permasalahan. Sebab mereka merupakan aset kedepan untuk membangun Maros kearah yang lebih baik,” tandas Takdir.

Sementara itu, Kepala SMP 18 Lau Hj Aida Rayana bersyukur sekolah yang dipimpinnya telah memenuhi syarat baik itu sarana dan prasarana dalam pelaksanaan ANBK

“Alhdulillah kami sebagai kepala sekolah tetap berupaya  menyuskseskan pelaksanaan ANBK di SMP 18 Lau dengan melakukan persiapan-persiapan baik sarana penunjang pelaksanaan ANBK maupun peserta ANBK berdasarkan data peserta ANBK,” terangnya.

“Intinya kami  sudah menyiapkan segala kebutuhan guna meminimalisir kendala yang akan terjadi. Saya berharap dalam pelaksanaan ANBK di SMP 18 Lau nantinya berjalan dengan lancar,” kunci mantan kepala sekolah SMP 4 Bantimurung.

Sekedar diketahui,  kunjungan tim monitoring ANBK di SMP 18 Lau, dipimpin langsung Kepala Dinas Pendidikan Ir H Takdir didampingi Askari  pengawas SMP 18 Lau. Pengecekan yang dilakukan meliputi jumlah perangkat komputer yang digunakan (laptop) sekitar 64 unit, jaringan internet serta Ruang Pelaksanaan ANBK.