Home / Daerah

Selasa, 13 Juli 2021 - 17:32 WIB

Bupati ASA Apresiasi Perkembangan Status Desa di Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Selain menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemberhentiakn Kepala Desa yang berakhir masa jabatan dan SK penunjukkan Penjabat Kepala Desa, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) juga menyerahkan penghargaan kepada Desa atas pencapaian peningkatan status desa di tahun 2021, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (13/7/2021).

 

Pencapaian status ini berdasarkan hasil pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) yang dilaksanakan oleh Tim Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Sinjai.

 

Dari hasil IDM tahun 2021 ada 9 status desa mandiri, 24 desa maju, 32 desa berkembang dan tersisa 2 desa masuk kategori desa tertinggal.

 

“Tahun lalu ada 4 desa tertinggal kini menjadi tersisa 2 desa, kemudian ada beberapa desa dari status desa berkembang menjadi desa maju dan ada 9 desa di Sinjai yang kini berstatus desa mandiri yang pada tahun lalu masih berstatus desa maju,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Hj. A.Hariyani Rasyid.

 

Desa yang masuk dalam status desa mandiri yakni desa Talle, Panaikang, Saotanre, Saotengah (Tellulimpoe), Kalobba, Massaile, Patongko, desa Bua dan desa Sukamaju.

 

Bupati ASA menuturkan bahwa perkembangan Desa saat ini sangat jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan hasil pemutakhiran data IDM tahun 2021, Kabupaten Sinjai berada pada urutan ke-5 dari seluruh kabupaten di Sulsel, sedangkan secara nasional berada pada urutan ke 87 dari 438 kabupaten di seluruh Indonesia.

 

Capaian prestasi yang telah diraih oleh kepala desa tersebut, kata ASA, tidak semudah membalikan telapak tangan, tetapi melalui upaya dan kerja keras yang sungguh-sungguh dalam membangun desa melalui program-program nyata, yang bersentuhan dengan masyarakat dan disinergikan dengan program pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah Kabupaten Sinjai.

 

“melalui kesempatan ini, kami selaku Pemerintah Daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya terkhusus kepada kepala desa yang telah berhasil menaikkan status desanya,” ucapnya.

 

Bupati berharap ke depan desa-desa lain juga dapat mengalami peningkatan status sehingga dapat terwujud menjadi desa yang mandiri dan dapat dijadikan sebagai tonggak untuk lebih maju dalam memenuhi indikator yang menjadi parameter dalam peningkatan status desa yang dijabarkan dalam program-program kegiatan yang ada di desa.

Share :

Baca Juga

Daerah

Nakes di Sinjai Bakal Dapat Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Sinjai

Program Andhika Scholarship Award Diapresiasi Bupati Sinjai

Bone

Batalyon C Pelopor Kembali Gelar Serbuan Vaksin Covid-19, Ini Targetnya

Daerah

Aktivis Sinjai Turun Jalan, Desak Proses Penyidikan Dugaan Korupsi Dana Hibah PDAM

Daerah

Pemohon SIM dan Vaksinasi Gratis

Daerah

Hari ini Lima Orang Warga Asahan Dinyatakan Sembuh Dari Covid-19

Daerah

HUT Sulsel, Bupati Sinjai Ucap Syukur dan Terimakasih

Daerah

Dorong Peningkatan Kualitas Ponpes, Pemkab Sinjai Salurkan Bantuan