Begini Upaya BPJS Kesehatan Wajo Tingkatkan Kemitraan

RAKYATSATU.COM, WAJO – Sebagai upaya untuk mendapatkan pemahaman yang sama atas program-program yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan dan terciptanya hubungan kemitraan dengan pihak eksternal terkait dengan pembuat kebijakan dan instansi perwakilan peserta pada tingkat daerah khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Wajo menggelar acara Forum Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten Wajo, Selasa (13/4/2021).

Kegiatan pertemuan tersebut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Wajo H Amran Mahmud, Sekretaris Daerah, Ketua Komisi IV, Kepala Dinas Kesehatan, dan para pejabat penting daerah lainnya.

Adapun materi yang dibahas dalam pertemuan tersebut diantaranya adalah evaluasi terhadap pelaksanaan program Jaminan Kesehatan di Kabupaten Wajo khususnya.

Dalam hal ini, Kabupaten Wajo sendiri telah berhasil meraih cakupan kepesertaan program JKN-KIS per April 2021 yaitu telah mencapai sebesar 96 % atau sejumlah 361.836 penduduknya telah menjadi peserta JKN dari total jumlah penduduk sebesar 378.024 jiwa.

“Pada dasarnya, kami sebagai pihak pemerintah daerah ingin memastikan bahwa kehadiran program Jaminan Kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Wajo benar-benar mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas yang cepat, mudah dan gratis, supaya masyarakat merasakan benar hadirnya pemerintah. Saya berpesan agar masyarakat yang sakit dan datang ke rumah sakit diutamakan dahulu pelayanan kesehatannya sehingga cepat mendapatkan pertolongan,” tutur Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si., Bupati Kabupaten Wajo dalam sambutannya.

H Amran Mahmud menambahkan pula dukungannya terhadap pelaksanaan program Jaminan Kesehatan di Kabupaten Wajo, diantaranya melalui inovasi BPJS Kesehatan yaitu Antrian Online agar sering disosialisasikan di setiap pertemuan dengan masyarakat.

Begitu pula pemberi Fasilitas Kesehatan agar memperhatikan juga ketersediaan obat serta fasilitas-fasilitas yang dimilikinya guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati, Bapak Sekda, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Wajo dan seluruh anggota forum yang sangat antusias dalam memberikan solusi dan saran untuk menyelesaikan setiap kendala yang dihadapi dan semoga pelayanan kesehatan di Kabupaten Wajo bisa semakin meningkat dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Wajo,” tutur Sri Wahyuni, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Wajo menutup pemaparan materinya dalam rapat tersebut.