Kapolres Maros Himbau Warga Tidak Pawai Takbir Keliling

Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon saat memimpin apel

RAKYATSATU.COM, MAROS – Kepolisian Resor Maros menurunkan ratusan personil pengamanan pada pelaksanaan hari raya Idulfitri tahun 2021,Hal tersebut sesuai surat perintah Kapolres Maros yang ditanda tangani, Rabu (12/5/2021).

Sebanyak 408 personil pengamanan akan diturunkan untuk melakukan pengamanan disejumlah lokasi kegiatan dengan rincian kegiatan malam Takbiran 259 Personil yang akan berjaga dibeberapa titik diantaranya wisata Kuiliner PTB dan Batas Kota Kab Maros dan Makassar,khusus untuk pengamanan hari lebaran 33 Personil disiagakan pengamanan di masjid Al Markaz dan masjid Raya Maros,khusus Polsek jajaran juga menurunkan personil ditiap tiap masjid,selain itu Polres Maros juga menunrukan 50 personil untuk melaksanakan pengamanan antispasi kegiatan siarah Makam dan 66 Personil untuk melakukan pengamanan di gereja.

“Sebanyak 408 personil pengamanan akan diturunkan untuk melakukan pengamanan disejumlah lokasi pada saat rangkaian perayaan hari raya Idul Fitri di Kabupaten Maros,” kata Kabag Ops Polres Maros Kompol Jasardi.

Suasana Apel di Mapolres Maros

Kata dia, pada malam Takbiran sebanyak 259 Personil yang akan berjaga dibeberapa titik diantaranya wisata Kuiliner PTB dan Batas Kota Kab Maros dan Makassar, khusus untuk pengamanan hari lebaran 33 Personil disiagakan pengamanan di masjid Al Markaz dan masjid Raya Maros.

“Khusus Polsek jajaran juga menurunkan personil ditiap tiap masjid, selain itu Polres Maros juga menunrukan 50 personil untuk melaksanakan pengamanan antispasi kegiatan siarah Makam dan 66 Personil untuk melakukan pengamanan di gereja,” ujar Kabag Ops.

Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon juga menuturkan pihaknya akan melarang kegiatan pawai Takbir keliling di jalan jalan. Menurutnya, larangan takbir keliling sejalan dengan kebijakan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah untuk meminimalisir terjadinya kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan covid-19, sehingga takbir hanya dilaksanakan di Masjid atau di Mushola, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

“Sesuai kebijakan yang ada, kegiatan takbir keliling dilarang untuk di laksanakan, guna menghindari kerumunan masa yang berpotensi terjadinya penularan covid-19. Hal ini harus dapat kita laksanakan, mengingat pandemi belum hilang ditengah-tengah kita,” kata Kapolres.

Terkait pelaksanaan Sholat idul fitri, Kapolres Maros juga menghimbau untuk sebisa mungkin dilaksanakan displin menerapakan protokol kesehatan khususnya dengan menjaga jarak dan memakai masker sesuai dengan kebiajakan pemerintah dan surat edaran Bupati Maros.