Home / Sinjai

Selasa, 12 April 2022 - 01:35 WIB

Rumah Potong Hewan Bakal Hadir di Sinjai

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), Burhanuddin/ Foto : Sudirman

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), Burhanuddin/ Foto : Sudirman

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bersama jajarannya terus berbenah untuk membangkitkan perekonomian di Kabupaten Sinjai. Kali ini, Rumah Potong Hewan (RPH) modern segera hadir di Kabupaten berjuluk Bumi Panrita Kitta tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), Burhanuddin mengatakan, dari hasil komunikasi yang dilakukan oleh Bupati Sinjai, maka Kementerian Pertanian RI mengamini permohonan Pemkab Sinjai untuk membangun RPH modern.

Anggaran yang dikucurkan untuk membangun RPH tersebut berkisar Rp5,2 miliar. “Alhamdulillah, proses perencanaan pembangunan sementara kami lakukan,” ungkapnya.

Keunggulan dari RPH modern yang dibangun di Kecamatan Sinjai Selatan ini adalah sebagai tempat untuk melakukan pembekuan daging sapi. Daging beku ini disuplai untuk memenuhi kebutuhan industri peternakan yang tahun lalu dibangun di tempat yang sama.

Termasuk untuk menyuplai kebutuhan hotel, rumah makan, maupun pasar tradisional. “Kehadiran RPH modern ini untuk memenuhi kebutuhan sentra industri peternakan, di samping memenuhi permintaan dari luar,” beber nya.

Di samping itu, daging beku yang diproses melalui RPH ini bisa dikirim ke luar daerah hingga antar provinsi. Selain, menekan biaya operasional pengiriman sapi, juga daging sapi yang dihasilkan memenuhi standar kesehatan.

“Selama ini pengusaha kita mengirim sapi hidup ke Kalimantan, dengan hadirnya RPH ini bisa mengirim daging beku, jadi biaya pengiriman bisa ditekan, kualitasnya juga dijamin higienis,” lanjutnya.

Bukan hanya itu, RPH modern ini berbeda dengan RPH yang biasa sebab dilengkapi fasilitas pendukung yang baik. Misal, tempat pemotongan menggunakan perebahan sapi. Sapi hanya digiring masuk lalu direbahkan menggunakan alat.

Kemudian dilengkapi fasilitas pelayuan yang bisa menjaga kualitas daging sapi sebelum dibekukan dan fasilitas pendukung lainnya. “Kapasitas RPH ini bisa 20 ekor sapi per hari, jadi nanti sisa diatur jadwalnya para jagal sapi,” tutupnya. [Ikhlas/Sudirman]

BACA JUGA :  Begini Komitmen Pemkab Wajo Wujudkan Pemerintah yang Amanah

Share :

Baca Juga

Sinjai

OPD Sinjai Dilatih Penggunaan Secure Socket Layer Website

Daerah

Aplikasi Sibantuki Milik Sinjai Dikenalkan di Tingkat Desa

Advertorial

Pemkab Sinjai Gelar Musrenbang RKPD TA 2022

Advertorial

Hadiri Pembukaan Pasar Rakyat Mini Expo, Ketua DPRD Sinjai Berharap Perekonomian kita Bisa Berangsur Pulih

Sinjai

Harga Cabai Rawit di Sinjai Naik, Ini Kata Kadis Perindag

Sinjai

Bupati Sinjai Optimis Program Unggulan Pemerintah Dapat Terwujud

Advertorial

Kodim 1424/Sinjai Bersama Forkopimda dan Masyarakat Tanam Jagung Bersama

Sinjai

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Ujicoba Pembukaan Turnamen Bulutangkis