Home / Sinjai

Rabu, 12 Januari 2022 - 22:29 WIB

Tahun Ini, Dua Sentra Industri Sinjai Bakal Difungsikan

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dua sentra industri yang telah rampung pembangunannya tahun lalu akan difungsikan pada tahun ini. Namun sebelumnya, pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang telah direkrut akan diberikan pelatihan dan pendampingan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh, Selasa (11/1/2022) menuturkan bahwa seluruh IKM yang terlibat baik di Sentra Industri Hasil Peternakan di Sinjai Selatan dan Sentra Industri Logam di Bulupoddo akan dibekali pelatihan di awal tahun ini.

Ini penting, menurut Saleh sebab sekarang para IKM dituntut harus kreatif agar bisa terus bersaing jika ingin usaha tetap eksis serta diharapkan mampu mengikuti perkembangan zaman khususnya dalam pemanfaatan alat produksi yang sudah modern.

“Sebelumnya mereka menggunakan alat manual dalam memproduksi, di rumah produksi yang ada di sentra industri kita sudah siapkan alat yang modern dan serba mesin sehingga kita lakukan pendampingan terlebih dahulu, “katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan BPOM untuk mendapatkan izin kelayakan dari rumah produksi sehingga tidak ada hambatan nantinya pada saat pemasaran.

Terkait hal ini, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus berusaha agar bagaimana para pelaku usaha dan industri bisa mengahasilkan produk yang bagus dan siap bersaing dimana pun.

Untuk itulah, kata ASA, salah satu cara yang ditempuh pihaknya untuk membantu para pelaku IKM maupun pelaku UMKM lainnnya ialah melalui pelatihan dan pendampingan.

“Melalui pembinaan terlebih dahulu, kita punya harapan pelaku IKM di Sentra Industri nanti dapat meningkatkan daya saing dan menaikkan kelas dari usahanya. Hal ini dikarenakan teknologi dan SDM merupakan dua komponen penting yang harus disinergikan sehingga menghasilkan produk berkualitas,” tambahnya. [Ikhlas/Sudriman]

Share :

Baca Juga

Advertorial

Gedung RSUD Sinjai Bakal Difungsikan Kembali

Sinjai

Musrembang Kelurahan Disebut Tak Libatkan Organisasi Pemuda, Lurah Lamatti Rilau : Mungkin Ketua KT Terlalu Sibuk

Daerah

Sumpah Pemuda, Bupati Ajak Generasi Muda Sinjai Lakukan Hal Ini

Advertorial

Sinjai Terpilih Sebagai Lokus Pembangunan Stasiun Pemancar TV Digital

Advertorial

Cetak 2 Hafiz Tiap Desa dan Kelurahan, Bupati Sinjai Cetuskan Program ‘Panrita Kitta’

Advertorial

ASN dan Honorer di Pemkab Sinjai Kembali Divaksin

Daerah

Seminar Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19

Sinjai

DPRD Sinjai RDP Aspirasi Masyarakat, Ini Yang Dibahas