Home / Daerah

Minggu, 11 Juli 2021 - 14:37 WIB

Pemerintah Sinjai Kembali Jadwalkan Pelaksanaan PTM Terbatas

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Kabar gembira, pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah, akhirnya dapat dilakukan pada pekan depan.

Sekretaris Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sinjai, Drs Budiaman mengatakan, PTM yang akan dilakukan tersebut secara terbatas.

Demikian diungkapkan Budiaman saat memimpin rapat bersama stakeholder terkait dalam rangka evaluasi persiapan PTM terbatas di Aula Handayani Disdik Sinjai, Sabtu (10/07/2021) sore kemarin.

Menurut, Budiaman menerangkan, PTM terbatas itu merujuk pada edaran Gubernur maupun Instruksi Menteri Dalam Negerieri Nomor 17 Tahun 2021, kegiatan PTM memungkinkan untuk dilaksanakan secara terbatas.

Kendati demikian, sejumlah syarat dan ketentuan harus dipenuhi. Salah satu diantaranya harus melalui izin dari Bupati selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 di daerah.

Selanjutnya, setiap sekolah telah mempersiapkan perlengkapan protokol kesehatan, mulai tempat cuci tangan, memakai hand sanitizer dan wajib menggunakan masker.

“Keputusan rapat hari ini, semua sekolah harus mempersiapkan diri sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri. Selama tidak ada kesiapannya, maka kita tidak akan pernah mengizinkan untuk melaksanakan PTM,” ujarnya.

Untuk satuan pendidikan di bawah naungan Disdik Sinjai lanjut Budiaman, berdasarkan validasi yang dilakukan oleh tim Satgas dianggap sudah bisa melaksanakan PTM terbatas.

Namun, ia memberikan catatan untuk harus senantiasa mengikuti perkembangan Covid-19 di daerah sekitar sekolah tersebut berada.

“Kalau misalnya tiba-tiba berubah menjadi zona merah, maka sekolah akan kita tutup kembali,” jelasnya.

Sementara untuk sekolah SMA/SMK dan MA, Satgas Penanganan Covid-19 akan melakukan evaluasi kembali.

“Karena hasil temuan dari tim validasi, terbukti masih ada SMK maupun SMA yang tidak memiliki kesiapan yang cukup untuk melaksanakan PTM terbatas,” tambahnya.

Terpisah, Kadis Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, menyambut baik rencana PTM terbatas yang akan mulai dilaksanakan tepatnya Selasa 13 Juli 2021 mendatang.

BACA JUGA :  Kaswadi Jadi Pemateri Pada Pengenalan Kampus Fakultas Vokasi Unhas

Meski terbatas, namun PTM ini adalah jawaban bagi orang tua siswa siswi yang selama ini menginginkan PTM atau sekolah kembali dibuka.

“Alhamdulillah sudah akan dibuka Selasa pekan depan karena hari senin masih pengenalan sekolah melalui virtual,” tandasnya.

Dalam pelaksanaannya, pihaknya memastikan akan mengikuti panduan yang sudah di susun dan menjadi pedoman bagi semua satuan pendidikan yang ada selama PTM terbatas itu dilaksanakan

Apabila sekolah yang dimaksud telah melakukan PTM terbatas dan wilayahnya kembali masuk Zona Orange, kata Jefrianto, maka sekolah tersebut harus kembali ditutup.

Hal ini sudah menjadi komitmen Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pemkab Sinjai bersama Disdik Sinjai demi keselamatan jiwa siswa, tenaga pendidik dan masyarakat secara keseluruhan di wilayah tersebut.

“Pedoman itu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan keseriusan oleh para Kepala sekolah,” kuncinya.

Share :

Baca Juga

Bone

Begini Cara Polres Bone Berikan Rasa Aman dan Nyaman Pengunjung Tempat Wisata

Daerah

PMD ASahan Gelar Orientasi Tugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan

Soppeng

Lutfi Halide Lepas Kafilah Soppeng Ikuti MTQ Tingkat Provinsi, Begini Harapannya

Daerah

Enam Jembatan yang Dibangun Pemkab Sinjai Mulai Dirasakan Masyarakat

Daerah

HUT TNI, Bupati Sinjai : Mari Terus Mengabdi Kepada Bangsa dan Negara

Daerah

PKL di Sinjai Keluhkan Perubahan Jadwal Pasar, Harap DPRD Bisa Berikan Solusi

Advertorial

Danrem 141/Tp Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke- 77

Daerah

BUMP Diharapkan Bisa Meningkatkan Produktivitas Petani Sinjai