Bukti Bentuk Kepedulian Baznas Bone ke Warga Korban Banjir di Jeneponto

Aksi Tim Baznas Kabupaten Bone saat berada di lokasi pengungsian bencana banjir di Kabupaten Jeneponto

RAKYATSATU.COM, JENEPONTO – Hujan deras dengan curah hujan yang cukup tinggi melanda wilayah Sulawesi Selatan akhir-akhir ini membuat sejumlah kabupaten/kota dilanda banjir.

Apalagi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi terjadi sejak Rabu (7/7/2021) sore hingga Kamis (8/7/2021) dini hari lalu, Puncaknya pada pukul 20.00 Wita, sejumlah wilayah mulai terendam banjir.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) adalah lembaga pemerintah non struktural yang bertugas mengelola zakat, juga tak mau ketinggalan memantau situasi, terlebih jika hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi.

Para pengurus Baznas kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan tiada hentinya melakukan komunikasi dan koordinasi melalui group WhatsApp (WA) apalagi jika hujan deras melanda.

Kekhawatiran akan bencana banjir diperbincangkan di group Baznas se-Sulsel. Beberapa jam setelah hujan reda, informasi dari Baznas Sinjai dan Bantaeng bahwa wilayah mereka memang mengalami banjir ketika hujan turun dengan lebatnya untuk waktu yang cukup lama. Akan tetapi dampaknya tidak sehebat di Kabupaten Jenneponto.

Aksi Tim Baznas Kabupaten Bone saat berada di lokasi pengungsian bencana banjir di Kabupaten Jeneponto

Mengetahui Kabupaten Jeneponto dilanda banjir yang cukup parah, Baznas Kabupaten Bone pun tak mau ketinggalan. Pada hari Minggu (7/11/2021), Baznas Kabupaten Bone ke lokasi terdampak banjir di Jenneponto dengan dipimpin langsung oleh Ketua Baznas Drs. H. Zainal Abidin.

Pada rombongan Baznas Kabupaten Bone tersebut, turut serta Wakil Ketua 1 Farida Hanafing, ST serta tiga orang staf dengan membawa ratusan paket bantuan beras, sembako, dan sarung menggunakan mobil lapangan Baznas Kabupaten Bone.

Selain itu, yang selalu dibawa serta pula ketika ada bencana adalah perlengkapan menggambar berupa buku dan pensil warna, buku Iqra, buku saku dzikir pagi petang dan juga ratusan paket makanan siap saji yang bergizi.

Setiba di Kabupaten Jeneponto, Tim Baznas Kabupaten Bone disambut dan diantar ke lokasi oleh pimpinan Baznas Jenneponto ke posko BTB Maros.

Aksi Tim Baznas Kabupaten Bone saat berada di lokasi pengungsian bencana banjir di Kabupaten Jeneponto

Selanjutnya dilakukan pembagian bantuan diberikan berdasarkan data yang telah diassesmen.
Para penerima tertib dan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.

Di tempat lain, Wakil Ketua 1 Baznas Farida Hanafing mengumpulkan anak – anak korban banjir di TK/TPA untuk memberikan trauma healing bersama staf Baznas.

“Dibalik musibah, ada banyak hikmah yang bisa dipetik pelajaran ketika bisa bersabar dan ikhlas atas ketentuan dari sang pencipta,” ujar Hj Farida Hanafing.

“Kami menyaksikan langsung tenda-tenda darurat yang ditempati sementara warga yang rumahnya habis sama sekali. Mereka terlihat tabah akan ujian tersebut. Berkali – kali ucapan terima kasih dan doa diucapkan kepada tim Baznas atas bantuan dan kepeduliannya,” tutur Hj Farida Hanafing.

“Kepada seluruh dermawan yang telah mempercayakan zakat, infaq dan sedekahnya melalui Baznas Kabupaten Bone hanya doa yang bisa selalu panjatkan,” tambahnya.

“Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu,” pungkasnya.