BPJS Kesehatan Cabang Watampone Gelar Pertemuan UR dan KBK

BPJS Kesehatan Cabang Watampone Gelar Pertemuan UR dan KBK

RAKYATSATU.COM, BONE – Sebagai upaya kendali mutu dan kendali biaya dalam lingkup pelayanan primer sekaligus evaluasi capaian kinerja Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk bulan pelayanan Januari – April 2021, BPJS Kesehatan Cabang Watampone kembali menggelar kegiatan Pertemuan Utilization Review (UR) dan Evaluasi Kapitasi Berbasis Komitmen pelayana (KBK) bulan pelayanan Januari-April tahun 2021 bagi FKTP se-Kabupaten Wajo, pada Kamis (10/6/2021) kemarin.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo beserta jajaran, Pimpinan FKTP Se-Kabupaten Wajo, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Wajo beserta Staf.

“Pertemuan ini sangat bermanfaat terutama dalam upaya peningkatan mutu layanan di FKTP, Kita juga dapat brainstorming terkait kiat dan strategi bagi FKTP sehingga tidak ada kendala pada pelaporan serta entri data pada aplikasi P-Care dan sebagainya. Selain itu bersama-sama kita menyelesaikan masalah dan mencari solusi,” ujar Armin AR, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo dalam sambutannya.

Dalam pertemuan tersebut dipaparkan materi terkait evaluasi Utilization review (UR) dimana Utilization review adalah merupakan suatu metode penjaminan mutu pelayanan dengan mengkaji, menganalisis efektivitas dan efisiensi pemanfaatan pelayanan kesehatan, memeriksa apakah pelayanan secara medis telah diberikan secara tepat.

Selanjutnya dilakukan pula evaluasi atas pelaksanaan kapitasi berbasis komitmen pelayanan Sistem pembayaran dalam program jaminan kesehatan nasional (JKN) kepada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) menggunakan kapitasi.

Kapitasi dibayar BPJS Kesehatan mengacu beberapa hal, seperti berapa banyak dokter yang bertugas, sarana dan prasarana serta waktu dalam memberikan pelayanan pada satu FKTP.

Tujuan dari penerapan KBK ini adalah sebagai indikator kinerja yang berdampak pada hasil dan ditetapkan pola reward dan konsekuensi atas pemenuhan komitmen pelayanan/kinerja FKTP.

“Pertemuan ini sangat bermanfaat sebagai monitoring dan evaluasi atas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN KIS di FKTP, sehingga diperoleh upaya-upaya perbaikan oleh semua pihak utk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi peserta, harapan sy kedepannya, dapat menumbuhkan persepsi masyarakat terhadap FKTP sebagai pusat pelayanan kesehatan primer yang handal dan terpercaya saat peserta sakit,” pungkas Sri Wahyuni, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Wajo.