Home / Daerah

Senin, 11 Januari 2021 - 07:31 WIB

Pemkbab Sinjai Siapkan Rp20 Miliar Untuk Operasional Vaksin

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Vaksin Covid-19 telah tiba di Indonesia dan akan didistribusikan ke seluruh pelosok tanah air. Pemerintah Daerah pun telah melaksanakan berbagai persiapan dalam mengoptimalkan pemberian vaksin kepada masyarakat.

Menyikapi rencana pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Sinjai menyiapkan anggaran biaya untuk operasional program vaksinasi Covid-19 sebesar Rp 20 milyar.

“Vaksin Covid-19 ini memang gratis buat masyarakat. Namun, Pemkab harus menyiapkan anggaran untuk kegiatan vaksinasi dan kita siapkan sebesar 20 milyar rupiah, anggaran ini diambil dari Belanja Tidak Terduga (BTT) pada APBD Tahun 2021,” kata Sekretaris Daerah Sinjai Drs Akbar disela-sela Coffee Morning yang dilaksanakan KPU Sinjai, beberapa hari yang lalu.

Pengalokasian dana tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksin Covid-19 dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Rencananya, tanggal 13 Januari mendatang pencanangan vaksin pertama akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, kemudian untuk tingkat daerah dilakukan kepada jajaran kepala daerah yang dilanjutkan dengan tenaga kesehatan.

Khusus di Kabupaten Sinjai, jatah vaksin Covid-19 sebanyak 1.841 dosis yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, baik yang bertugas di Puskesmas maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

Mengenai rencana vaksinasi serentak yang dilaksanakan bulan Januari ini, kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg Farina Irfani, telah dilakukan persiapan diantaranya menetapkan 17 Fasilitas kesehatan (Faskes) hingga menyediakan tenaga vaksinator.

Share :

Baca Juga

Daerah

Vaksinasi Covid-19 IKAPTK dan PMI Sinjai Bertabur Hadiah

Advertorial

Cegah Covid-19, Pemkab Wajo Siapkan PPKM Mikro Berbasis Kearifan Lokal

Daerah

Dua Tersangka Dugaan Pemalsuan Dokumen Tidak Ditahan

Daerah

Adnan Minta Pengurus PKK Bantu Pemerintah Tingkatakan Vaksinasi

Daerah

Puluhan Pengungsi dari Sulbar Ikut Pulang ke Soppeng

Daerah

Pengkab PBSI Bone Jaring Segini Atlet Untuk TC Pesiapan Pra Porprov Sulsel

Advertorial

Kasus Cipika-Cipiki Belum Ada Kejelasan, PHI Wajo Mengadu ke DPRD

Daerah

Siap Amankan Nataru 2022, Brimob Bone Siagakan Seluruh Personel