Home / Daerah

Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:44 WIB

Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Sinjai Sebut Program Kesehatan Pemerintah Dirasakan Masyarakat

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) kembali menghidupkan Sinjai sebagai pelopor kesehatan gratis. Hal itu terbukti melalui program jamkesda plus yang diprogram pasca dilantiknya sebagai kepala daerah pada akhir 2018 lalu.

 

 

Program jamkesda plus ini terdiri dari beberapa item. Mulai dari pelayanan kesehatan pelayanan gratis bagi masyarakat yang tidak mampu. Dimana masyarakat tidak dibatasi memperoleh asuransi kesehatan dan iurannya ditanggung oleh Pemda, bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

 

 

Kemudian, pelayanan gerai satu pintu di RSUD Sinjai dengan menempatkan petugas dari Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, BPJS, Jasa Raharja dan petugas Dinas Kesehatan.

 

 

Lalu, layanan antar jemput pasien dari rumah ke puskesmas atau ke rumah sakit dan atau sebaliknya, dari rumah sakit ke rumah pasien. Selain itu, penyediaan rumah singgah pasien atau keluarga di Makassar. Program gratis ini diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mampu saat sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit Makassar.

 

 

Bukan hanya itu, lulusan Magister Monash University, Australia ini juga menghadirkan program home care dan home visit. Layanan kesehatan mengunjungi langsung rumah-rumah masyarakat hingga pelosok. Termasuk program publik safety center (PSC) 119.

 

 

“Dulu, Pak Andi Rudiyanto Asapa juga dijuluki sebagai pelopor kesehatan gratis karena menghadirkan program jamkesda, sekarang dilanjutkan anaknya dengan program jamkesda plus, layanan kesehatannya jauh lebih banyak dari sebelumnya,” kata Ketua Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Sinjai, Saiful.

 

 

Berbagai layanan kesehatan gratis itu telah terasa manfaatnya di tengah masyarakat. Apalagi, saat ini tidak ada lagi kita dapatkan keluhan masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

 

 

“Kalau kita evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya, banyak keluhan masyarakat karena tidak mendapat pelayanan, sedikit-sedikit ramai di media sosial, saat ini kita jarang menjumpai itu, itu artinya program ini sangat terasa manfaatnya,” lanjutnya.

 

 

Oleh karena itu, dia berharap, program ini terus dilanjutkan oleh Bupati ASA. Dengan harapan, masyarakat bisa mendapat pelayanan kesehatan prima tanpa dipungut biaya sepeserpun. “Kalau sudah ada yang bagus, kenapa mesti cari yang lain lagi,” kuncinya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Dua Pelayanan di Puskesmas Sembilan Sinjai Ditutup

Daerah

Dinkes Wajo Kenalkan Inovasi Go Cantik

Daerah

Korem 141/Tp Peringati Malam Nuzulul Qur’an, Ini Pesan Danrem 141/Tp

Advertorial

Pemkab Sinjai Sediakan Rumah Dinas untuk Nakes di Pulau Sembilan

Daerah

Vaksinasi di Soppeng Mulai Sasar Pelajar

Daerah

Pasca Pengeboman di Makassar, Kapolres Maros Siagakan Personil di Seluruh Gereja

Daerah

BPBJ Soppeng Adakan FGD, Bahas Perpres

Daerah

Mart Bumdes Jadi Andalan Desa Lasiai di Lomba Desa Tingkat Kabupaten