Home / Soppeng

Minggu, 10 Juli 2022 - 15:43 WIB

Soppeng Dirikan Posko Siaga Penyakit Mulut dan Kuku

Kadis Peternakan, kesehatan hewan dan perikanan Kabupaten Soppeng, Ir Erman Asnawi, M.Si bersama petugas posko  Siaga Penyakit Mulut dan Kuku, di Kantor Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Soppeng/ Foto : Doc. DPKHP Soppeng

Kadis Peternakan, kesehatan hewan dan perikanan Kabupaten Soppeng, Ir Erman Asnawi, M.Si bersama petugas posko Siaga Penyakit Mulut dan Kuku, di Kantor Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Soppeng/ Foto : Doc. DPKHP Soppeng

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng menyiapkan Posko Siaga Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), di Kantor Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Soppeng.

Posko siaga ini disiapkan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sebagaimana Visi Kabupaten Soppeng yaitu “Soppeng yang lebih melayani, maju dan sejahtera”.

Hal ini juga terkait dengan Instruksi Menteri Pertanian RI Nomor : 151/PK.300/M/VII/2022 kepada Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia tertanggal 4 Juli 2022 agar dilakukan langkah taktis terkait PMK.

Dan sebagai tindak lanjut instruksi ini, Kadis Peternakan, kesehatan hewan dan perikanan Kabupaten Soppeng, Ir. Erman Asnawi, M.Si telah menyiapkan Posko siaga ini yang dibentuk terhitung sejak tanggal 06 Juli 2022 dengan menyiapkan 7 dokter hewan dan 15 tenaga para medik.

“Posko siaga ini disiapkan untuk mengantisipasi merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sudah terkonfirmasi pada 22 provinsi dan pada salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan” ucapnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan di posko ini antara lain dalam hal pengeluaran Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), penyuluhan, pemeriksaan dan tindakan medik terhadap hewan ternak.

“Pemerintah Kabupaten Soppeng, juga sudah melakukan penutupan (lockdown) untuk ternak yang rentan dari penyakit PMK ini dengan bersinergi bersama TNI, Polri, Kejaksaan dan Instansi terkait lainnya,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya akan tetap mengedepankan aspek pengawasan dengan adanya posko layanan gratis 24 jam ini. Sehingga memberikan kenyamanan dalam melaksanakan pemotongan huwan kurban.

Jika ada masyarakat yang ingin melakukan pengaduan atau hal yang ingin ditanyakan terkait Penyakit PMK ini, maka dapat menghubungi Nomor telepon informasi dan pengaduan (0821 2978 7272) yang telah disiapkan. [Ikhlas/Yudha]

BACA JUGA :  Kaswadi Inginkan Soppeng Miliki Fasilitas Kesehatan Seperti Ini

Share :

Baca Juga

Soppeng

Bupati Soppeng Lepas KKN eserta KKN Universitas Lamappapoleonro, Begini Pesannya

Soppeng

Serahkan Bantuan Sosial, Supriansa : Ramadan Momentum Untuk Lebih Peduli Sesama

Soppeng

Ribuan Peserta Ramaikan Trail Adenture Explore Donri-donri

Daerah

Kaswadi Minta Waspadai Dampak Inflasi Global

Daerah

Pelajar SD dan SMP Ikuti Lomba Kegamaan HUT RI Tingkat Kecamatan Donri-donri

Soppeng

Tim Asesor SPBE Soppeng Lakukan Pertemuan, Ini Yang Dibahas

Daerah

Perayaan HUT RI ke-77 Tingkat Kecamatan Marioriawa Resmi Digelar

Daerah

Capai 80 Persen Vaksinasi, Pemerintah Gelar Syukuran