Reses, Legislator DPRD Sulsel Edukasi Masyarakat Terkait Prokes

RAKYATSATU.COM, MAKASSAR – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Haidar Madjid terus mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu dikatakannya saat reses masa sidang pertama, di Jalan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Senin (10/05/2021).

Kata Haidar, bercermin pada kejadian di Negara India, yang kini terjadi tsunami pandemi Covid-19 disana. Ternyata, sumbernya masyarakat tidak patuh Protokol Kesehatan ditambah lagi pemerintahnya lengah.

Politisi asal Partai Demokrat ini mengemukakan, serangan gelombang kedua Covid-19 di India itu terjadi karena warganya menyepelekan aturan prokes. Meskipun kurva penyebaran virus sudah melandai, namun kesalahannya pemerintah setempat malah melonggarkan dengan membuka ruang pelaksanaan acara keagamaan. Sehingga kegiatan itu dihadiri jutaan orang, yang membuat virus mudah sekali menyebar, lalu terjadi tsunami corona.

“Situasi Makassar saat ini lebih longgar, dari tahun sebelumnya. Kita berharap pandemi ini cepat berlalu. Tetapi ingat, kita jangan lengah dan suasana seperti ini, tetap menjaga ketat prokes. Sebab, kita sama-sama tidak inginkan kejadian di India terjadi disini,” ucapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Makassar juga telah melakukan upaya pencegahan secara massif, melalui program Makassar Recover.

“Saya harap program itu bisa menekan penularan Covid-19. Namun, semua dikembalikan kepada masyarakat serta kesadarannya untuk tetap konsisten mengenakan masker, jaga jarak, dan menghindari kerumunan,” tandasnya.