Home / Daerah

Rabu, 10 Maret 2021 - 16:21 WIB

Dukung Program Prioritas Kapolri, Batalyon C Pelopor Gelar Latihan Bersama

RAKYATSATU.COM, BONE – Berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Bone hampir memiliki semua jenis medan mulai dari laut, sungai, rawa dan pegunungan. Dengan memiliki keseluruhan medan tersebut, Kabupaten memiliki tingkat kejadian bencana alam dan musibah yang cukup tinggi.

Untuk mengantisipasi kejadian bencana alam dan musibah tersebut, dibutuhkan sinergitas yang kuat dari seluruh instansi yang memiliki potensi SAR ( Search And Rescue ) di Kabupaten Bone.

Demi menjaga dan meningkatkan sinergitas antara instansi tersebut, pada Rabu (10/03/2021) Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar latihan bersama yang melibatkan personel Kodim 1407 Bone, Basarnas dan BPBD Kabupaten Bone. Menurut keterangan dari Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos., latihan bersama ini digelar pada 2 lokasi yaitu di pelabuhan penyeberangan Bajoe untuk latihan SAR air dan di kantor Basarnas Bone untuk latihan SAR darat.

Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel Kompol Nur saat memimpin latihan bersama

“Latihan bersama ini digelar untuk lebih meningkatkan lagi sinergitas antara TNI Polri dan potensi SAR yang telah terjalin dengan baik selama ini di Kabupaten Bone. Kegiatan latihan bersama ini juga kami laksanakan dalam rangka mendukung program prioritas Kapolri yaitu peningkatan sinergitas dan kolaborasi dengan TNI dan antar lembaga,” papar Nur Ichsan.

“Latihan ini akan kami gelar selama 2 hari yaitu pada hari ini di pelabuhan penyeberangan Bajoe dan pada tanggal 13 Maret di Kantor Basarnas Bone,” imbuh Danyon C Pelopor kepada awak media saat terjun langsung dalam kegiatan latihan bersama.

Selain itu Kompol Nur Ichsan juga menambahkan melalui latihan ini diharapkan kedepan dalam penanganan bencana alam dan musibah yang menimpa warga dapat dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga implementasi dari Bhakti Brimob bersama TNI dan potensi SAR untuk Masyarakat dapat terwujud berkat soliditas yang kuat.

Sementara itu saat ditemui di lokasi latihan, Koordinator Basarnas Bone Mukti Ali memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, dia berharap jika latihan bersama ini dapat menjadi agenda rutin bagi seluruh potensi SAR yang ada di Kabupaten Bone.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel ini, semoga kedepan kegiatan ini dapat terus berlanjut agar seluruh potensi SAR di Kabupaten Bone menjadi lebih solid dan kompak,” ungkap Mukti.

Di tempat terpisah Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis,P.S.,S.I.K.,M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung agenda latihan bersama Satbrimob Polda Sulsel ini.

“Saya mengucapkan banyak terima kepada TNI, Basarnas, BPBD dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga latihan bersama peningkatan kemampuan SAR dan sinergitas antar instansi ini dapat berjalan lancar, saya juga berharap melalui latihan ini dapat mewujudkan Bhakti TNI Polri serta potensi SAR untuk Masyarakat dan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa dengan persatuan akan membuat Indonesia kuat,” pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis.

Usai melaksanakan latihan tampak Danyon C Pelopor, Koordinator Basarnas dan peserta latihan lainnya duduk bersama menyantap nasi bungkus dalam suasana kekeluargaan yang begitu kental.

Share :

Baca Juga

Bone

Pasca Lebaran, Brimob Bone Gencar Laksanakan Ini

Daerah

Danyon Brimob Bone Bersilaturahmi, Ini Kata Pimpinan STIA Prima Bone

Advertorial

Cetak 2 Hafiz Tiap Desa dan Kelurahan, Bupati Sinjai Cetuskan Program ‘Panrita Kitta’

Bone

Zoom Meeting Bersama Kapolri, Kapolres Pantau Vaksinasi Anak di SDN 13 Biru

Bone

Bulan Ramadan, Program Vaksinasi Pemkab Sinjai Tetap Jalan

Daerah

Cek Kondisi Kesehatan Personel, Ini Yang Dilakukan Danyon C Pelopor 

Sinjai

Kemendikbud RI Apresiasi Pengembangan Pembelajaran Kekinian dari Disdik Sinjai

Daerah

Pengurus PMI Maros Gelar Latihan Gabungan