Home / Maros

Senin, 10 Januari 2022 - 17:23 WIB

Pengurus Bunda Baca Maros Dikukuhkan

RAKYATSATU.COM, MAROS – Kepala Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Moh Hasan Sijaya mengukuhkan Ulfiah Nur Yusuf Chaidir sebagai Bunda Baca Kabupaten Maros.

 

Pengukuhan ini dilakukan di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin (10/1/2022). Mengawali kegiatan tersebut, disajikan pertunjukan sinriliq dari Bisseang Pustaka. Sinrilik merupakan salah satu genre kesenian musik tutur dalam sastra lisan yang berasal dari etnis Makassar di Sulawesi Selatan.

 

Moh Hasan Sijaya mengungkap, sangat mengapresiasi gerakan literasi yang ada di Kabupaten Maros. Dirinya berharap, dengan dikukuhkannya Bunda Baca, dapat membantu mensosialisasikan aksi gemar membaca kepada penggiat literasi. Mulai dari tingkat RT, RW, hingga Kecamatan.

 

“Dengan adanya Bunda Baca semoga bisa membantu meningkatkan minat baca masyarakat. Bunda Baca diharap bisa mengajak beberapa pihak untuk saling bekerjasama. Karena ibu adalah sumber informasi pertama bagi anak, Bunda Baca bisa mulai dengan merangkul para ibu untuk sejak dini mengajarkan pentingnya literasi bagi anak,” ungkapnya.

 

Ke depan, ungkap Moh Hasan, Maros akan menjadi role model Kabupaten Literasi bagi kabupaten lain yang ada di Sulsel. Dengan demikian, tahun 2023 akan dibangun suatu gedung baru yang dapat memuaskan minat baca masyarakat.

 

“Saya datang kesini tidak sendiri, saya bersama Kabid Perpustakaan Provinsi Sulsel. Ini juga sebagai perkenalan awal karena kami telah mengusulkan ke depan Maros akan menjadi Kabupaten Literasi. Kegiatan literasi akan lebih banyak kita pusatkan di Kabupaten Maros,” tuturnya.

 

Pengurus Bunda Baca Maros Dikukuhkan

Setiap perpustakaan akan dilakukan pembenahan fisik, juga akan dilakukan penambahan koleksi buku yang dapat memuaskan para pustakawan. Sebab, kemajuan suatu Daerah terlihat dari kebesaran dan keindahan ruang layanan perpustakaannya.

BACA JUGA :  Hadirkan BKKBN Sulsel, Pemkab Maros Lakukan Audit Kasus Stunting

 

Sementara itu, Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengungkap, role model Kabupaten Literasi ini akan menjadi tantangan baru. “Ini menjadi tantangan baru, meskipun begitu, Maros sebenarnya telah didukung sebagai Kabupaten Literasi. Terbukti dengan ditemukannya situs-situs bersejarah. Ini menunjukkan literasi Maros sudah ada sedari dulu,” ungkapnya.

 

Selain situs bersejarah, selanjutnya DPRD Kabupaten Maros melalui Hak Inisiatifnya telah mensahkan Perda Literasi. Perda ini menjadi dasar gerak bagi penggiat literasi, penulis, budayawan, seniman, dan pustakawan dalam menjalin sinergi dan kolaborasi literasi.

 

“Kabupaten Literasi bisa terjadi jika kita bisa bergerak bersama. Terlebih kita telah ada Perda Literasi, kita sudah ada pedoman acuan dalam melakukan gerakan,” jelas Chaidir.

 

Selanjutnya, dihadapan para Ketua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Maros, Chaidir memberikan arahan agar setiap ruang tamu Kantor Dinas disediakan rak buku. Untuk wilayah Camba, Cenrana, dan Mallawa juga akan dibangunkan perpustakaan.

 

“Silahkan didesain bersama setiap ruang tamunya. Ditata dengan baik, disusun dengan rapi, jika ada tamu yang menunggu bisa sambil membaca koleksi buku yang tersedia,” imbuhnya.

 

Diakhir kegiatan, dilakukan pemberian penghargaan kepada Andi Muhammad Irfan, Haeriah Rahman, Bachtiar Adnan Kusuma, Andi Rijal Abdullah, Muhammad Nurjaya, Alimuddin Assagaf, Lory Hendrajaya, Muh Taufiqurahman sebagai Tokoh Literasi Kabupaten Maros. Penghargaan juga diberikan kepada Perpustakaan Desa Pajukukang, Perpustakaan Desa Bonto Tallasa, Perpustakaan Desa Salenrang sebagai Perpustakaan Desa Transformasi terbaik. [Ikhlas/Arul]

Share :

Baca Juga

Maros

Perempuan Desa di Maros Dibekali Nilai Nasionalisme dan Kebangsaan

Maros

203 CPNS Kabupaten Maros Menerima SK Pengangkatan Sebagai PNS

Maros

Angka Stunting di Maros Meningkat, Dinkes Minta Bumil Rutin Periksa Kehamilan

Maros

Pemkab Maros Gelar Rakor Persiapan Audit Kasus Sunting

Maros

Sidang Paripurna, Bupati Maros Tekankan Efisiensi Pengelolaan Anggaran

Daerah

Pengurus PMI Maros Gelar Latihan Gabungan

Maros

Wabup Maros Harap Kopi Mallawa Bisa Tembus Pasar Nasional

Maros

Mengalami Keterlambatan Pendataan Karena Pendemi, ini Yang dilakukan Pemkab Bersama BPS Maros