Home / Daerah / Maros

Kamis, 9 Desember 2021 - 20:01 WIB

Jelang Nataru, Pemkab Maros Himbau Warga Tidak Gelar Pawai

RAKYATSATU.COM, MAROS – Bupati Maros, Chaidir syam menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat kabupaten maros agar tidak melakukan pawai maupun arak-arakan pada perayaan Natal 2021 dan Tahun baru (NATARU) 2022.

Himbauan tersebut di sampaikan Chaidir Syam usai menghadiri rapat virtual bersama Mendagri Tito karnavian dan kepala daerah lainnya terkait Kesiapan daerah menghadapi PPKM pada setiap wilayah

Hal tersebut dijelaskan Chaidir sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, yakno Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Nomor 29 Tahun 2021 tertanggal 1 Desember 2021, tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2021.

Kepala Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan, Hj Darmawati Sukiman saat ditemui di Kantor Bupati Maros, rabu kemarin mengatakan, isi surat edaran Bupati Maros ini memiliki 5 poin penting. Beberapa point tersebut membahas tentang tidak meliburkan secara khusus kegiatan pendidikan di satuan pendidikan selama periode Nataru pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

“Poin kedua, agar Kepala Sekolah melaksanakan pembagian rapor semester 1 tahun ajaran 2021/2022 bagi satuan PAUD, SD dan SMP pada tanggal 3 Januari 2022. Hal lain yang diatur yakni proses belajar mengajar semester 2 tahun ajaran 2021/2022 dimulai pada tanggal 24 desember 2021 dan Libur semester 1 tahun ajaran 2021/2022 diundur ke tanggal 3 Januari sampai dengan 8 Januari 2022,” jelasnya.

Darmawaty menjelaskan, poin kelima yang tercatat yakni menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat di satuan pendidikan dengan pendekatan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan) dan 3T (testing, tracing, treatment).

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, Takdir mengatakan, berdasarkan surat edaran Bupati Maros, libur sekolah hanya tanggal 25 desember saja. Sementara llibur untuk tanggal 24 dibatalkan. “Sebelumnya ada cuti bersama tanggal 24, karena tanggal 25 ini jatuh di hari Sabtu, maka libur dimulai tanggal 24.

“Tapi dikarenakan adanya surat edaran surat edaran 3 menteri, yang menghapus cuti bersama, maka libur natal tanggal 24 Desember ditiadakan,” jelasnya.

Mengenai tentang pembelajaran sekolah di kabupaten Maros, Takdir menjelaskan, proses pembelajaran berjalan seperti biasa. Setelah libur natal 25-26, seluruh siswa wajib masuk sekolah seperti biasa.

“Tanggal 25 ini jatuh di hari sabtu, sehingga pembelajaran sekolah dibuka kembali di hari senin tanggal 27 desember. Siswa belajar seperti biasa lagi. Ini semua untuk menekan covid-19, ” ujarnya.

Dia menuturkan, Untuk penerimaan raport bagi siswa akan dilakukan di tanggal 3 Januari. Libur sekolah akan dilakukan pada tanggal 3 januari sampai 8 januari.

“Jadi sebelum libur, siswa sudah masuk sepekan untuk pembelajaran semester kedua. Libur semester ganjil ditunda ke tanggal 3 januari sampai 8 Januari. Pembelajaran akan kembali dilakukan pada tanggal 10 januari mendatang,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Makassar

Satu Anggota Batalyon C Pelopor di PTDH, Ini Penyebabnya

Daerah

Cek Kesiapan Pam Tahun Baru 2021, Danyon C Pelopor Pimpin Apel Kesiapsiagaan di Mako

Daerah

DPRD Sinjai Terima Rombongan Studi Banding DPRD Maros

Bone

Salat Idul Fitri di Mako Brimob Bone, Danyon Sampaikan Ini

Bone

BPC Gapensi Bone dan KIS Tak Mau Ketinggalan Galakkan Disiplin Prokes

Maros

Angka Stunting di Maros Meningkat, Dinkes Minta Bumil Rutin Periksa Kehamilan

Daerah

Gedung KH Ahmad Dahlan Diresmikan, Rektor IAIM Sinjai : Terimakasih Atas Kontribusi Gubernur dan Bupati Sinjai 

Daerah

Pangdam XIV Hasanuddin Kunker dan Safari Ramadhan di Makodim 1422/Maros