Home / Daerah

Kamis, 9 September 2021 - 22:06 WIB

Jokowi Sebut PPKM Tekan Penyebaran Covid-19

RAKYATSATU.COM, SOPPENG

Wakil Bupati Soppeng Ir Lutfi Halide, bersama Ketua DPRD Soppeng dan para Anggota Forkopimda Kabupaten Soppeng mengikuti acara Pengarahan Presiden Republik Indonesia (RI) Kepada Forkopimda se- Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan secara virtual, di ruang Soppeng Command Center (SCC) La Mataesso, Kamis (9/9/2021).

Arahan Presiden RI tersebut berlangsung di Lanud TNI AU Sultan Hasanuddin Makassar, setelah memantau pelaksanaan vaksinasi dan peresmian Bendungan di di Kabupaten Wajo.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam arahannya mengatakan, perkembangan kasus harian Indonesia dimana pada tanggal 14 Mei 2021 jumlah kasus sebanyak 2.633 perhari dan meningkat menjadi 56.757 perhari akibat dari mudik libur Idul Fitri dan adanya varian baru.

Namun setelah mengambil kebijakan pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro kasus di Indonesia pada tanggal 8 September 2021, angka tersebut mengalami pernurunan menjadi 6.731 perhari.

“Keputusan yang diambil ini menjadi keyakinan kita dengan mengurangi mobilitas, sehingga penyebaran Covid-19 berkurang,” kata Presiden.

Dijelaskan Jokowi, dibandingkan dengan negara lain Indonesia adalah negara dengan populasi yang banyak. “Tapi Alhamdulillah kita tidak masuk dalam 10 peringkat kasus di dunia dan hal ini harus kita syukuri,” terangnya.

Terkait penanganan Covid-19, Presiden meminta Gubernur, Bupati/ Walikota harus mengerti dan mengecek terus menerus daftar rumah sakit yang oksigennya akan habis, serta memeriksa ketersediaan obat-obatan dan positivity rate mingguan.

“Sementara tugas TNI dan Polri untuk membujuk masyarakat yang terpapar agar mau dibawa ke lokasi isolasi terpadu (isoter) untuk diobati maksimal dua minggu. Jangan biarkan isolasi mandiri di rumah karena itu akan sulit untuk diawasi, diberikan pengobatan dan lain-lain, ini semua butuh strategi dan kepemimpinan lapangan,” jelasnya.

Share :

Baca Juga

Wajo

Personel dan PNS Kodim 1406/Wajo Dapatkan Materi Operasi Gaktib Terkait Ini

Daerah

Empat Pejabat Pemkab Sinjai Dilantik Bupati

Daerah

Sekertaris Daerah Sinjai Ikuti Workshop Sekolah Kader

Daerah

Tiga Pilar Kelurahan Ma’rang Sasar Warga Yang Belum Vaksin

Advertorial

Sentra Industri Peternakan dan Logam di Sinjai Dipastikan Rampung Tahun Ini

Daerah

Ekspose 100 Hari Kerja, Ini Capainnya Chaidir Syam dan Suhartina

Daerah

Sinjai Tengah Dapat Penambahan Anggaran Untuk Pendidikan

Daerah

Jaga Kamtibmas dan Terus Ciptakan Suasana Kondusif, Masyarakat Apala Dirikan Bola Pajjaga Wanua