Home / Daerah

Senin, 9 Agustus 2021 - 20:53 WIB

Dua Daerah di Sinjai Bakal Jadi Sentra Bawang Merah, Pemerintah Mulai Berikan Bantuan

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin bersama pemerintah setempat melakukan penanaman perdana bawang merah varietas super philips di lahan kelompok tani Bunga Bungaya, Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat, Senin (9/08/2021).

Kamaruddin mengatakan bahwa penanaman perdana bibit bawang merah ini merupakan bibit berkualitas unggul bantuan dari Pemerintah Pusat melalui tugas Pembantuan APBN tahun anggaran 2021.

Bantuan ini jumlahnya sekitar 15 hektar yang diperuntukan untuk 10 hektar pada 4 kelompok tani di Kelurahan Balakia dan 5 hektar untuk 2 kelompok tani di Kelurahan Tassililu.

“Dua kelurahan ini sebagai wilayah yang direncanakan menjadi sentra atau kampung bawang merah sehingga dengan pembentukan kampung komoditi ini merupakan salah satu bagian dari strategi pengembangan komoditi unggulan agar bisa tumbuh sentra komoditi unggulan di Sinjai,” jelasnya.

Adapun Jumlah bantuan benih diberikan sebanyak 700 kg per hektar dengan target produksi ketika panen nantinya berkisar 6-7 ton per hektar.

“Bantuan ini bagian dari upaya Pemerintah Daerah melalui bapak Bupati Sinjai dalam membangun komunikasi ke pusat khususnya ke Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI,” ujarnya.

Selain bibit bawang merah, pihaknya juga memberikan bantuan pupuk jenis NPK sebanyak 300 kg per hektar dan POG 1.240 kg per hektar.

“Kami berharap agar kelompok tani penerima bantuan dapat memelihara dengan baik agar sasaran produksi dapat terpenuhi. Bantuan ini hanya stimulan sehingga sarana produksi lainnya dapat disiapkan secara swadaya,” tambah Kamaruddin.

Upaya ini juga merupakan bagian dari salah satu program unggulan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di bidang pertanian dalam pengembangan komoditi unggulan di setiap kecamatan.

Share :

Baca Juga

Daerah

Anggota Batalyon C Pelopor Ini Dipecat Akibat Disersi

Daerah

Tanamkan Cinta Tanah Air, Brimob Bone Lakukan Hal Ini Saat Patroli KRYD

Daerah

Danrem 141/Tp Berikan Arahan Kepada Wali Catar Akmil Sub Panda Bone

Bone

Demi Salurkan Bantuan, Staf Baznas Bone Terkadang Tak Pikirkan Keselamatannya

Sinjai

Tahun Ini, Dua Sentra Industri Sinjai Bakal Difungsikan

Daerah

Buka Turnamen Futsal Yaman Cup 1, Bupati Harap Jadi Contoh Terapkan Porkes

Daerah

Rektorat Unhas Tinjau Lokasi Perkuliahan di Soppeng, Bupati : Soppeng Siap Menjadi Kampus yang Hebat

Daerah

Jelang Ramadhan, Batalyon C Pelopor Kembali Himbau Cegah Covid-19 Lewat Lagu