Home / Daerah

Rabu, 9 Juni 2021 - 20:15 WIB

Dibagi 4 Jalur, SMAN 5 Sinjai Bakal Buka PPDB Secara Online

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Sinjai akan membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2021/2022 secara online. Pendaftaran akan dimulai pada Senin pekan depan (14/6/21).

Kepala SMAN 5 Sinjai Aliyuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (09/6/21) mengatakan bahwa sama halnya dengan tahun sebelumnya, pendaftaran melalui 4 jalur yaitu jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi.

“Jika tahun lalu pendaftaran diawali untuk jalur non zonasi, maka tahun ini justru jalur zonasi dengan kuota 75 persen dibuka lebih dahulu,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, jika jalur zonasi tidak mencukupi kuota maka akan dialihkan ke jalur non zonasi sehingga peluang untuk diterima melalui tiga jalur non zonasi tersebut cukup besar.

“Setiap tahun jalur untuk zonasi tidak pernah terpenuhi sehingga kita alihkan ke jalur afirmasi, jalur prestasi maupun perpindahan orang tua sehingga lulusan SMP yang berdomisili jauh dari SMA 5 memiliki peluang untuk bersekolah di SMAN 5 Sinjai,” jelasnya.

Jumlah total siswa yang diterima di SMAN 5 Sinjai tahun ini sebanyak 288 siswa untuk mengisi 8 kelas. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah 252 siswa.

Aliyuddin menambahkan, sesuai kebijakan Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel A. Sudirman Sulaiman, pihaknya menerima peserta didik baru melalui jalur prestasi khusus yaitu penghafal Alqur’an atau hafiz.

“Minimal memiliki hafalan 5 juz mereka bisa masuk di sekolah SMA/SMK dimanapun dan jurusan apapun yang dia suka tanpa melalui tes dan kuotanya tidak terbatas,” kata Aliyuddin.

BACA JUGA :  Patelki Gelar Seminar Kesehatan, Ini Kata Kaswadi

Share :

Baca Juga

Daerah

Cina Terancam Saknsi, Didesak Cabut Dukungan terhadap Rusia

Daerah

Bupati Sinjai Beber Kebijakan Pembangunan di Musrenbang Kecamatan

Daerah

Bupati Asahan Himbau ASN dan Masyarakat Asahan Bayar Pajak dan Lapor SPT Tahunan

Sinjai

Kunjungi Sinjai, Tim NSLIC/NSELRED Bakal Lakukan Assesment Produk Rempah Lokal

Daerah

Polres Soppeng Fasilitasi Masyarakat Umum Vaksinasi Gratis

Daerah

Nakes di Sinjai Bakal Dapat Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Daerah

Program Keagamaan Pemkab Sinjai Kini Cetak Puluhan Tahfiz

Daerah

187 Peserta Caba PK TNI AD Sub Panda Bone Ikuti Pengecekan Awal