Home / Daerah

Minggu, 9 Mei 2021 - 01:11 WIB

Ajak Tunaikan Zakat dan Infaq , Hj Farida : Masalah Kemanusian Tanggung Jawab Bersama

RAKYATSATU.COM, BONE – Beban yang berat, namun seberapapun beratnya akan terasa ringan bila dipikul bersama. Bersama-sama memikirkan dan mencari solusinya. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Baznas Kabupaten Bone, Hj Farida Hanafing, ST, Sabtu (8/5/2021).

Dia menceritakan, masalah kemanusiaan bukan hanya melanda negara Indonesia. Bahkan di salah satu negara maju yang pernah dia kunjungi, hal itu juga terjadi.

Dimana waktu melakukan perjalanan ke luar negeri, dia bersama peserta tour se-Indonesia keluar untuk jalan-jalan ke supermarket, untuk melihat bagaimana majunya proses jual beli mereka.

“Diperjalanan pulang saya melihat tuna wisma yang tidur di emperan toko yang telah tutup, dan melihat beberapa tuna wisma tidur dengan beralas selimut yang cukup tebal dan masih ada selimut yang menutupi tubuh mereka. Tuna wisma itu bukan orang Asia. Tapi saya melihatnya bule,” katanya.

Melihat itu, Hj Farida menilai bahwa masalah kemanusiaan sebaiknya menjadi perkejaan serta menjadi tanggung jawab bersama. “Masalah kemanusiaan tidak cukup hanya dengan memberinya uang sekian atau sembako. Itu hanya bertahan beberapa hari,” katanya.

“Kita harus meliat masalah mereka dari berbagai sisi. Sumber masalahnya dimana lalu solusinya seperti apa,” sambungnya.

Melihat kondisi itu, dia sebagai pengurus Baznas hanya bisa terus berharap, dan tidak menanamkan dibenaknya kata putus asa, untuk mengajak siapapun tunaikan zakat bila memang telah masuk nishab atau tunaikan infaq bila belum masuk nishab. “Berapapun itu, sangat berarti buat kami,” singkatnya.

Dirinyapun membeberkan cara mudah untuk berzakat dan berinfaq, yaitu :

1. Layanan jemput zakat (bila memungkinkan kami menjemputnya. Wilayah masih seputaran kota. Sebab staf pengumpulan kami masih 2 orang).

2. Transfer langsung setiap bulan ke rekening zakat Baznas. (Semoga bisa selalu mengingat langsung transfer di setiap menerima penghasilan. Bisa meminta kami untuk mengingatkan).

3. Bendahara instansi diminta memotong langsung setiap bulan dengan jumlah yang telah ditentukan sebelumnya. Dan pihak Baznas yang berurusan dengan bendahara. Apakah mengantar langsung ke Baznas setiap bulan ataukah kami yang jemput.

4. Pay Roll yakni sistem potong gaji langsung setiap bulan dengan tanda tangan form kesediaan bayar zakat sejumlah tertentu melalui rekening bank di mana gaji masuk setiap bulan. Seperti di instansi2 pemda, polres. Bisa juga perorangan sistem pay roll bila instansinya belum memberi ruang kepada Baznas.

Kepada seluruh muzakki/munfiq, Kami doakan:

أجرك الله فيما أعطيت وجعله لك طهورا وبارك لك فيما أبقيت ”

Semoga Allah memberikan pahala atas apa yg Anda keluarkan dan menjadikan harta yang telah dikeluarkan tersebut sebagai pembersih bagi Anda, dan semoga Allah memberkahi harta Anda yang masih tersisa.

Share :

Baca Juga

Maros

Chaidir Syam Buka Pelatihan Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata

Asahan

Pimpin Apel Operasi Ketupat Toba 2022 di Polres Asahan, Ini Kata Bupati Surya

Bone

Penyidik Polres Bone Amankan Barang Museum Lapawawoi Yang Diduga Dicuri

Bone

Personel Korem 141/Tp Gelar Upacara Bendera, Ini Pesan KASAD

Daerah

Terpilih Aklamasi, Suhartina Bohari Resmi Pimpin Golkar Maros

Daerah

Pasar Apala Semrawut, Pengelola Pasar Hanya Tahunya Tarik Retribusi

Sinjai

Akhir Pekan, Pemkab SInjai Bakal Gelar Peringatan Hardiknas

Wajo

Begini Kondisi Hari Kelima TMMD Wajo