Fasilitas Kesehatan Sinjai Bakal Bertambah

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Satu janji politik Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dibidang kesehatan dipastikan bakal terwujud pada tahun 2021 ini.

Adalah penyediaan sarana dan prasarana kesehatan berupa Rumah Sakit (RS) Tipe D yang telah dijanjikan dihadapan ribuan rakyat Sinjai pembanguannya bakal dimulai pada tahun ini.

Rencana pembangunan yang kini telah mendapat persetujuan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu, terletak di Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan.

Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Bupati ASA saat menghadiri Musrenbang RKPD tahun 2022 di Aula Kantor Kecamatan Sinjai Selatan, Selasa (9/3/2021).

ASA menuturkan, rencana pembangunan RS tipe D dapat terlaksana dengan baik, serta realisasinya tepat waktu. Demikian juga kualitasnya diharapkan akan lebih bagus.

“Mudah-mudahan pembangunannya bisa berlangsung cepat karena ini juga merupakan salah satu visi misi kami dan janji politik saya,” ungkapnya.

Dengan begitu, alumnus Monash University Melbouene Australia ini berharap kepada masyarakat, khsusnya yang ada disekitar Alenangka agar bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membantu pembangunan tersebut.

Termasuk kata ASA, koordinasi antar desa yang ada diwilayah itu. Sehingga, anggaran yang digelontorkan senilai Rp45,07 Milyar lebih benar-benar tepat sasaran.

Apatalagi, hadirnya RS tipe D di Sinjai Selatan, tentu akan lebih mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebab, ungkapnya, pembangunan untuk RS tersebut merupakan janji politik semasa dirinya melakukan kampanye pada Pilkada 2018 lalu.

“Dengan adanya RS tipe D kita punya masyarakat yang ada di Sinjai Borong-Selatan tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke Sinjai Utara, khususnya bagi mereka yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, ASA juga memberikan angin segar terkait pembangunan RS tipe D. Dia akan kembali memperjuangkan agar Sinjai mendaat bantuan dari pemerintah pusat agar RS serupa juga dapat dibangun di Sinjai Barat.

“Kami berharap nantinya kita kembali dapat bantuan lagi dari pemerintah pusat sehingga RS Tipe D ini juga dapat bangun di Sinjai Barat,” urainya.

Dikatakan ASA, selain anggaran pembangunan RS, pihaknya juga mengalokasikan anggaran untuk Pembangunan Puskesmas Aska senilai Rp4,74 Milyar lebih dan
Pembangunan Rumah Dinas Puskesmas Aska senilai Rp949,12 juta lebih.