Home / Bone / Daerah

Senin, 8 November 2021 - 21:59 WIB

LMRI RI Bone Soroti Kasatpol PP Bone Terkait Penolakan Linmas Pilkades Serentak

RAKYATSATU.COM, BONE – Penolakan seragam Linmas bagi Hansip Petugas TPS Pilkades Serentak di Kabupaten Bone oleh Kasatpol PP Kabupaten Bone, Andi Akbar mendapat kritikan dari Ketua LMR RI Komda Bone Sry Ritaharty.

Hal itu diungkapkan Sry Ritaharty ke Rakyatsatu com, Senin (10/11/2021) malam.

Wanita yang akrab dipanggil Sry ini menilai bahwa penolakan yang dilakukan Kasatpol PP Kabupaten Bone terhadap pemenang tender lelang pengadaan seragam Linmas menyalahi Pasal 17 UU Nomor 30 Tahun 2014, yakni Badan dan/atau pejabat pemerintah dilarang menyalahkan gunakan wewenang. Larangan itu meliputi larangan melampaui wewenang larangan mencampur adukkan wewenang, dan/atau larangan bertindak sewenang-wenang.

Ia juga menjelaskan bahwa pemenang tender lelang pengadaan seragam Linmas yang dimenangkan oleh CV Link Event Organizer yang beralamat di Sukamulyo Kabupaten Garut Jawa Barat sangat layak.

Lanjutnya, penolakan Kasatpol PP Kabupaten Bone terhadapĀ  CV Link Event Organizer tidak beralasan pula sebab pada dasarnya semua poin alasan penolakan surat tersebut bukan ranah atau bidang cakupan wewenang Pengguna Anggaran (PA), karena tugas dan wewenang tersebut harus dikelola dan telah dilaksanakan oleh Pokja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta tata cara evaluasi dokumen penawaran.

Selain itu, katanya menurut Kasatpol PP Kabupaten Bone harga penawaran CV Link Event Organizer dianggap tidak wajar padahal itu hanya penambah jaminan pelaksanaan untuk melanjutkan proses kontrak.

“Khan sangat lucu pula, masa sih pelaksanaan survey di hari Minggu (19/9/2021) dan menilai kantor CV Link Event Organizer dianggap tidak refresentatif. Seharusnya survey yang harus dilakukan bukan kantor akan tetapi menanyakan harga pada pengadaan barang sejenis agar menjadi perbandingan harga untuk membuat dan menentukan Harga Perkiraan Sendiri (HPS). Lagian surveynya bukan hari kerja, ya pasti sepilah,” jelas Sry.

Ia juga membantah alasan penolakan Kasatpol PP Kabupaten Bone yang menyatakan bahwa pendukung CV Link Event Organizer hanya satu (1) toko bukan distributor.

Sry Ritaharty menjelaskan bahwa hal itu tidak menjadi persyaratan dalam dokumen penawaran.

“Ia (Kasatpol PP Bone-red) juga mengatakan bahwa CV Link Event Organizer tidak berpengalaman. Apanya tidak berpengalaman, sementara dalam proses tender tersebut jelas sudah terseleksi dan telah mendapatkan bintang dari hasil evaluasi Pokja,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pagu anggaran untuk pengadaan seragam Linmas bagi Hansip Petugas TPS Pilkades Serentak di Kabupaten Bone oleh Pemkab Bone yakni sekira Rp. 920 juta sementara CV Link Event Organizer mengajukan penawaran terendah diantara ketiga peserta lelang.

Adapun ketiga peserta lelang tersebut yakni CV Link Event Organizer penawarannya Rp. 715.924.000. CV Rumah Sabah Nusantara Rp. 769.010.440. Sedangkan CV Ampukale Engineering Rp. 782.113.200, namun CV ini tidak menghadiri pembuktian Kualifikasi.

Share :

Baca Juga

Daerah

Danrem 141/Tp Pimpin Sidang Parade Catar Akmil, Segini Pesertanya

Daerah

Danrem 141/Tp Bersama Forkopimda Bone Pantau Vaksinasi Gratis

Daerah

Walau Kasus Covid-19 Bone Melandai, Batalyon C Pelopor Tetap Rutin Patroli Himbau Terapkan Prokes

Daerah

Selamat, KIS Rayakan Ulang Tahun Kedua

Daerah

Di Akhir Tahun 2020, Dandim 1420/ Sidrap Berganti

Daerah

Target 100 Persen, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Apresiasi Kegiatan Vaksinasi LPKA Maros

Advertorial

Buka Musrenbang Kecamatan, Amran Mahmud Harap Pelaku Perencana Kawal Agenda Pembangunan

Daerah

Pelaku Koperasi di Sinjai Ikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasiskan Komputer