Home / Advertorial / Daerah / Wajo

Senin, 8 Agustus 2022 - 19:44 WIB

Pemkab Wajo Jalin Kerjasama Pihak Ketiga Menuju Smart City

Bupati Wajo Amran Mahmud, dan Wakil Bupati Wajo, Amran SE, menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk menuju kesana (Smart City,-red), dengan menerima audiensi dari Direktur PT Kemala Inti Solusi, Farid Ishak, bersama jajarannya, di Ruang Kerja Bupati Wajo, Senin (8/8/2022)/ Foto : Dok. Pemkab  Wajo

Bupati Wajo Amran Mahmud, dan Wakil Bupati Wajo, Amran SE, menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk menuju kesana (Smart City,-red), dengan menerima audiensi dari Direktur PT Kemala Inti Solusi, Farid Ishak, bersama jajarannya, di Ruang Kerja Bupati Wajo, Senin (8/8/2022)/ Foto : Dok. Pemkab Wajo

RAKYATSATU.COM, WAJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, tampaknya cukup serius membawa Bumi Lamaddukelleng sebutan lain daerah itu, menuju Sistem Smart City atau Kota Cerdas.

Bagaiaman tidak, Bupati Wajo Amran Mahmud, dan Wakil Bupati Wajo, Amran SE, menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk menuju kesana (Smart City,-red), dengan menerima audiensi dari Direktur PT Kemala Inti Solusi, Farid Ishak, bersama jajarannya, di Ruang Kerja Bupati Wajo, Senin (8/8/2022).

Diketahui, Perusahaan yang bergerak di bidang sistem integrator software dan hardware itu datang menawarkan konsep investasi dan pengembangan smart city di Kabupaten Wajo. Untuk tahap pertama, yang disasar adalah rumah sakit dan integrasi sistem air bersih.

“Pada kesempatan ini tentu kita ingin mendapatkan informasi melalui presentasi yang akan disampaikan oleh PT Kemala Inti Solusi sekaligus mendukung Pemerintah Kabupaten Wajo dalam pengembangan smart city. Apalagi PT Kemala Inti Solusi ini sudah membantu beberapa daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta untuk pengembangan smart city,” kata Amran Mahmud.

Amran Mahmud berharap sistem smart city kelak bisa betul-betul dirasakan keberadaan atau manfaatnya bagi masyarakat, baik dalam hal layanan, mempercepat informasi, serta penyelesaian masalah yang ada.

“Misalnya, nanti kita ingin mengetahui dengan cepat bagaimana pelayanan di rumah sakit atau puskesmas, bagaimana riwayat pengobatan setiap pasien, kita harapkan nanti sudah ter-database,” ucapnya.

Amran Mahmud berharap nantinya bisa terjalin kerja sama dengan PT Kemala Inti Solusi. Perangkat daerah di lingkup Pemkab Wajo pun diharapkan menghadirkan konsep smart city dalam layanannya.

“Berdasarkan hasil diskusi kami dengan Direktur, PT Kemala Inti Solusi ini menawarkan investasi dengan tidak memberatkan penganggaran di APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah),” kata Amran Mahmud.

BACA JUGA :  KSR PMI Unit IAIN Siapkan Relawan Tangguh, Begini Pembekalannya

Sementara, Wakil Bupati Wajo, Amran, menjelaskan bahwa smart city suka atau tidak suka pasti akan diterapkan. Ketika tidak mampu menerapkan, kata dia, maka daerah akan tertinggal. “Memang berat di awalnya, tapi ending-nya nanti akan dinikmati untuk kesejahteraan masyarakat,” terang Amran.

Pertemuan ini turut dihadiri jajaran kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Wajo, camat, direktur rumah sakit, kepala puskesmas, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM Wajo), Andi Dedy Iqbal, serta undangan lainnya.

Sebelumnya, Wajo menjadi salah satu dari tiga kabupaten yang terpilih mendapatkan pendampingan smart city dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). [Ikhlas/Yusuf]

Share :

Baca Juga

Bone

Pimpin Orientasi Bintara Baru, Ini Pesan Danrem 141/Tp

Daerah

Bantuan Hukum Masyarakat Miskin Jadi Pembahasan Bupati Wajo dengan DPRD Sulsel

Daerah

Sosialisasi Perda Nomor 5 Tahun 2022, Selle : Narkoba Menjadi Masalah Besar Kita

Daerah

Bappeda Sinjai Rakor Bahas Penanggulangan Kemiskinan

Daerah

Bupati Cup Road Race Dimulai, Bupati Wajo Harapkan Ini

Daerah

Asah Kemampuan Individu, Danyon C Pelopor Pimpin Anggota Latihan Menembak

Daerah

Bupati Sinjai Panen Perdana Komoditi Kentang

Daerah

Pelaku Usaha di Sinjai Diberi Pemahaman Tentang Kemudahan Berusaha