Home / Daerah / Wajo

Senin, 8 Agustus 2022 - 19:15 WIB

Pemerintah Kecamatan Tempe Gelar Lomba, Rangkaian Tahun Baru Islam dan HUT Kemerdekaan RI

Foto bersama pada pembukaan lomba peringatan Tahun Baru Islam dan HUT RI ke-77, tingkat Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud, di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (8/8/2022)/ Foto : Dok. Pemkab Wajo

Foto bersama pada pembukaan lomba peringatan Tahun Baru Islam dan HUT RI ke-77, tingkat Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud, di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (8/8/2022)/ Foto : Dok. Pemkab Wajo

RAKYATSATU.COM, WAJO – Pemerintah Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar berbagai kegiatan dan lomba. Kegiatan terebut sebagai rangkaian peringatan Tahun Baru Islam juga peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022.

Kegiatan yang bekerjasama Pemerintah Kecamatan Tempe, Kantor Urusan Agama (KUA) Tempe, dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Tempe. Selain itu, dukungan dari badan usaha milik negara (BUMN)/badan usaha milik daerah (BUMD) dan perusahaan swasta di Tempe ini, dibuka langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud, di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (8/8/2022).

“Hari ini merupakan momentum baik juga, tepatnya di hari Asyura 10 Muharam. Salah satu momentum kebangkitan Islam, bagaimana kita bangkit dalam keterpurukan. Ini juga sesuai tema HUT RI ke-77 tahun ini, ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’,” kata Amran Mahmud.

Amran Mahmud menuturkan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini memang dibutuhkan kolaborasi. “Saya sangat berterima kasih kepada keluarga besar Kecamatan Tempe yang melaksanakan acara ini karena kolaborasi. Kita tidak menggunakan anggaran daerah ataupun kecamatan, tetapi kegiatan bisa tetap terlaksana karena kolaborasi,” jelasnya.

Amran Mahmud juga berharap dengan adanya kegiatan ini, peserta dapat mengasah kemampuan dan mengukir prestasi, khususnya dalam bidang keagamaan.

“Apalagi banyak-banyak cabang lomba yang dilaksanakan. Saya kira ini sangat bermanfaat untuk menggali potensi anak-anak kita yang berprestasi seperti tilawah, hafalan, bacaan salat, muazin, dan terutama merawat jenazah, khususnya perempuan,” bebernya.

Amran Mahmud menutup sambutannya dengan meminta dukungan dari semua pihak, khususnya para lurah, agar mendukung dan bersinergi menyukseskan beberapa program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, seperti Wajo Mapaccing, Smart City, penataan kota, maupun lainnya.

BACA JUGA :  Ini Pesan Danrem 141/Toddopuli Saat Irup HUT TNI Ke 77 di Bone

Camat Tempe, Supardi, menjelaskan kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi KUA dengan UPZ Kecamatan Tempe. Sementara, untuk pendanaan bersumber dari para donatur, yaitu pimpinan perbankan, Baitul Maal wa Tamwil (BMT) As’adiyah, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat, para legislator, Adira, PT Pertagas Niaga, PT Surya Cipta Sulawesi, dan donatur lainnya.

“Kami apresiasi dan terima kasih bahwa pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari donatur dan kas UPZ Kecamatan Tempe,” ujar Supardi.

Supardi menuturkan di tiap-tiap kelurahan juga menyelenggarakan kegiatan. Ada yang melaksanakan balap perahu dan sepak bola serta kegiatan lainnya.

Sementara, ketua panitia pelaksana, Faried Wajedi, melaporkan kegiatan diikuti 179 peserta dari utusan 16 kelurahan dan akan berlangsung 8-12 Agustus 2022. “Adapun cabang lomba, yaitu tilawah, tadarus, hafalan surah pendek, pildacil, busana muslim, azan, perawatan jenazah, lagu religi, dan praktik salat dengan kategori umur anak 6 sampai 12 tahun, umur 13 sampai 15 tahun, serta dewasa untuk perawatan jenazah dan lagu religi,” urainya.

Pembukaan kegiatan dihadiri Staf Ahli Bupati, Karono, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Tempe, Komando Rayon Militer (Danramil) Tempe, Kepala KUA Tempe, Baznas dan UPZ Tempe, pimpinan perbankan dan perusahaan, lurah, pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kecamatan dan kelurahan, para dewan hakim, pembina, dan undangan lainnya. [Ikhlas/Yusuf]

Share :

Baca Juga

Bone

Kejutan Dari Danyon Brimob Bone di HUT POMAD Ke 76

Asahan

Wakil Bupati Asahan Hadiri HUT ke-150 Kota Binjai

Sinjai

Keluarga Besar Bupati Sinjai Yasinan dan Tahlilan Kenang Andi Rudiyanto Asapa

Advertorial

Viu Original Assalamualaikum Calon Imam, Menyapa Pelanggan Telkomsel di Makassar

Advertorial

Atasi Masalah Pertanian, Bupati MYL Luncurkan Kartu Tani

Daerah

Pemkab Sinjai Bakal Terima Alokasi Anggaran Pengerukan Sungai

Wajo

39 Pejabat Lingkup Pemkab Wajo Dilantik

Advertorial

Dua Orang Terkonfirmasi Positif, Gedung DPRD Wajo Ditutup Selama 3 Hari