Home / Sinjai

Jumat, 8 April 2022 - 13:13 WIB

Bupati Sinjai Beber Inovasi Bidang Kesehatan Pada Rapat Paripurna

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa, saat memberikan sambutan pada rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) pemerintahan tahun 2021, di ruang rapat DPRD Sinjai, Kamis (7/4/2022)/ Foto : Pemkab Sinjai

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa, saat memberikan sambutan pada rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) pemerintahan tahun 2021, di ruang rapat DPRD Sinjai, Kamis (7/4/2022)/ Foto : Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terus diupayakan. Salah satunya di bidang pembangunan kesehatan.

Di sektor ini berbagai inovasi telah dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Hal itu diungkapkan Bupati ASA dalam rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) pemerintahan tahun 2021 di ruang rapat DPRD Sinjai, Kamis (7/4/2022) kemarin.

Menurut Bupati ASA, di tahun 2021 khusus bidang kesehatan telah dijabarkan dalam lima program dengan 11 kegiatan yang terdiri dari 48 sub kegiatan baik di Dinas Kesehatan (Dinkes) maupun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

“Pelaksanaan urusan kesehatan ini tidak lain ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan penguatan kualitas layanan kesehatan dengan dukungan fasilitas yang ada,” ucap Bupati ASA dihadapan para pimpinan dan anggota DPRD Sinjai.

Adapun indikator capaian pembangunan kesehatan tahun 2021 yang dimaksud adalah pembangunan 1 unit rumah sakit tipe D yang berlokasi di Desa Alenangka Sinjai Selatan, rehab pembangunan Puskesmas sebanyak 3 unit yakni Aska, Manimpahoi dan Manipi, pembangunan rumah dinas kesehatan sebanyak 4 unit.

Selanjutnya tersedianya layanan kesehatan untuk UKM dan UKP di 16 Puskesmas, terlaksananya pengadaan Alkes, obat, vaksin distribusi alkes, bahan medis habis Pakai, pelayanan kesehatan ibu hamil, pembangunan gedung ICU unit pada RSUD. Tersedianya prasarana dan pendukung fasilitas pelayanan kesehatan berupa 1 paket Instalasi air bersih, 1 paket IPAL dan 2 unit ambulans.

Kemudian terlaksananya pelayanan kesehatan orang terduga TBC sebanyak 339 pasien, terlaksananya pelayanan kesehatan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan orang dengan resiko terinfeksi HIV.

Sementara untuk fasilitas rumah singgah pasien di Kota Makassar tetap akan dipertahankan dan menjadi solusi pelayanan dasar di bidang kesehatan.

BACA JUGA :  Gebyar Vaksinasi Betabur Hadiah Bakal Digelar di Sinjai

“Inovasi ini tetap kita pertahankan dalam rangka meringankan beban biaya pasien selama menjalani perawatan di rumah sakit rujukan di Makassar,” jelasnya.

Selain itu saat ini Pemkab zsinjsi terus berupaya melakukan langkah-langkah dengan membentuk Herd Immunity dalam tubuh masyarakat Sinjai melalui kegiatan vaksinasi ditengah pandemi Covid-19. [Ikhlas/Sudirman]

Share :

Baca Juga

Sinjai

Wabah PMK, DPKH Sinjai Tunggu Bantuan Vaksin Untuk Hewan Ternak

Sinjai

Pengurus DWP Sinjai Baksos Door to Door ke Warga Kurang Mampu

Sinjai

Wujudkan Herd Immunity, Dinkes Sinjai dan BIN Sulsel Buka Pelayanan Vaksin

Advertorial

Bupati ASA Sumbang Dana untuk Renovasi Masjid di Pulau Kambuno

Sinjai

Bupati Sinjai Klaim Pertumbuhan Ekonomi Naik, Angka Kemiskinan Menurun 2021

Sinjai

Ketua DPRD Sinjai Sebut Pers Miliki Peran Strategis Wujudkan Pembangunan

Sinjai

Pelantikan Kades Berjalan Lancar, Bupati Andi Seto Apresiasi TNI-Polri

Sinjai

Bupati Sinjai Tanggapi Kelangkaan Minyak Goreng