Home / Daerah

Jumat, 8 Januari 2021 - 14:56 WIB

Melalui Aspirasi Wakil Rakyat, Empat Poktan di Sinjai Terima Alsintan

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Sebanyak empat Kelompok Tani (Poktan) dari tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) aspirasi Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Muchtar Mappatoba.

Bantuan berupa hand traktor diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di Kantor Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, Jumat (07/01/2021).

Andi Muchtar Mappatoba mengaku, selama menjadi anggota DPRD satu tahun dua bulan, salah satu bentuk perhatian yang diperjuangkan untuk masyarakat Kabupaten Sinjai yakni bantuan alsintan, termasuk pupuk gratis yang saat ini sudah disalurkan kebeberapa petani.

Menurutnya, hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap perekonomian para petani terkait kebutuhan Alsintan. Apalagi memang peran dan andil wakil rakyat menjadi salah satu penunjang selain jembatan untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat.

“Insha Allah kami berkomitmen untuk memaksimalkan perjuangan kami di DPRD Provinsi Sulsel untuk Kabupaten Sinjai,” ungkap Legislator Fraksi Gerindra Dapil Sinjai-Bulukumba itu.

Selain bantuan alsintan, Muchtar Mappatoba juga menyebut aspirasi lainnya untuk Sinjai yakni pembangunan jalan tani pada tahun ini. Masing-masing Kecamatan Sinjai Tengah, Selatan dan Tellulimpoe.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) takjub dan bangga atas kepedulian salah seorang Anggota DPRD Sulsel untuk petani yang ada di Sinjai.

“Hal ini patut diapresiasi, karena kita punya anggota DPRD yang tidak lupa dengan dapilnya. Semoga bantuan tersebut bermanfaat bagi petani kita,” ujarnya.

ASA berhadap dengan adanya bantuan Alsintan tersebut, dimanfaatkan secara berkelanjutan hingga dapat mendongkrak capaian pertanian kearah lebih praktis dan tepat waktu di setiap musim tanam.

“Mudah-mudahan aspirasi seperti ini akan lebih banyak diberikan untuk Kabupaten Sinjai. Kalau banyak kegiatan seperti ini Insha Allah akan mensejahterakan masyarakat Sinjai,” kata ASA.

Penyerahan bantuan alsintan ini turut disaksikan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai Andi Irwansyahrani Yusuf, Kepala Dinas PUPR Andi Taufiq.

Masing-masing kelompok tani yang menerima bantuan adalah Kelompok Tani Galla Baru, Desa Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat, Kelompok Tani Taddeleng, Kelurahan Sangiaseri Kecamatan Sinjai Selatan, Kelompok Tani Harapan Jaya, Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo, Kelompok Tani Sapulambere I, Desa Puncak, Kecamatan Sinjai Selatan.

Share :

Baca Juga

Daerah

Dinkes Sinjai Workshop Instrumen Akreditasi Terbaru RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai melaksanakan workshop pemahaman standar dan instrumen akreditasi terbaru edisi II tahun 2019. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, Jumat (9/7/2021) di Aula Pertemuan Dinkes. Workshop yang diikuti 30 peserta terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab Mutu, Ketua Pokja Admen, Ketua Pokja UKM, Ketua Pokja UKP yang berasal dari enam Puskesmas seperti, Puskesmas Panaikang, Mannanti, Tenggalembang, Balangnipa, Samataring, Lappadata. Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengemukakan, bahwa terdapat perbandingan pada standar akreditasi yang lama dan yang terbaru. Misalnya, pada versi 2015 itu memiliki sembilan bab, sementara versi 2019 hanya lima bab. “Jadi lebih dipadatkan lagi atau disederhanakan namun hal itu tidak mengurangi apa yang ingin dicapai serta yang akan diimplementasikan nanti di masyarakat dengan standar yang harus dipenuhi,” ujarnya. Dalam kesempatan ini, dr. Emmy menekankan kepada Kepala Puskesmas dan seluruh Stafnya untuk bekerja lebih keras dan giat dalam mempersiapkan proses Akreditasi nanti. Dirinya berharap dalam kegiatan ini agar seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan baik dari awal sampai selesai nanti. “Mari kita belajar dengan baik sehingga dapat nanti dilaksanakan dan implementasikan di puskesmas, dengan demikian pelayanan kita kepada masyarakat akan lebih bermutu,” ujarnya. Workshop ini menghadirkan dua narasumber yakni, Surveior Akreditasi FKTP (Admen Sulsel) drg. Andi Murniati, dan Surveior Akreditasi FKTP (UKP Sulsel) dr. Enny Farida.

Sinjai

Dua Inovasi Pemkab Sinjai Lolos pada KIPP

Daerah

Sidrap Capai Zero Kasus Covid-19, Pemerintah : Jangan Abai

Daerah

Panen Bantuan KKP, Ponpes Darul Istiqamah Lappae Sebut Pemda Miliki Peran Penting

Sinjai

PMII Gelar Aksi di DPRD Sinjai, Tuntut Pemerintah Wujudkan Pilkades Tanpa Kecurangan

Daerah

Tahun 2021, Eskul Pramuka Wajib Diterapkan di Sekolah

Daerah

Festival Budaya Maritim ‘Gau Pakkaja’ Resmi Dibuka Bupati

Daerah

Pemkab dan Baznas Sinjai Kompak Bantu Bangun Rumah Warga Terdampak Bencana