Jaga Akurasi Alat Uji Kendaraan, UPTD PKB Dishub Sinjai Lakukan Kalibrasi

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Untuk menjaga keakurasian alat uji kendaraan bermotor, UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sinjai melakukan kalibrasi.

Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur.

Pelaksanaan kalibrasi dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIX Sulselbar di kantor Dishub Sinjai. Jumat, (05/11/2021) lalu.

Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Sinjai, Hayung mengatakan, tujuan kalibrasi adalah untuk mengetahui keakuratan alat pengujian kendaraan berdasarkan kondisi standar.

“Ini dilakukan di seluruh pengujian, standarisasi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan,” katanya.

Dari 6 buah alat uji yang telah dilakukan kalibrasi oleh petugas kalibrasi dikatakan Hayung bahwa semuanya dinyatakan akurat dan lulus kalibrasi.

“Sehingga dalam pelaksanaan uji berkala tidak perlu diragukan lagi hasilnya,” sambungnya.

Adapun kalibrasi alat uji kir pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai meliputi alat uji emisi co/hc (gas analyzer), alat uji ketebalan asap (smoke tester).

Kemudian alat uji rem (brake tester), alat uji berat (axle load tester), alat uji lampu utama (headlight tester), dan alat uji kincup roda depan (side slip tester).

Sekedar informasi, sesuai dengan Peraturan Menhub Nomor 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor dikatakan bahwa untuk menjamin keakurasian peralatan uji utama, wajib dilakukan kalibrasi secara berkala 1 (satu) tahun sekali.

“Dengan adanya kalibrasi ini, hasil uji kendaraan dapat kami pertanggungjawabkan. Kami juga memberikan kemudahan kepada warga misalnya jika kondisi kendaraan yang di uji kir tidak sesuai standar, kami merekomendasikan agar pemilik memperbaiki dulu kendaraannya. Setelah bagus baru diuji kembali,” tutup Hayung.