Home / Daerah

Kamis, 7 Oktober 2021 - 13:42 WIB

BPJS Kesehatan Watampone Punya Layanan Pandawa, Begini Petunjuk Penggunaannya

RAKYATSATU.COM, BONE – Guna memberi kepuasan dan peningkatan kualitas layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan meluncurkan nomor layanan Care Center 165, simplifikasi rujukan thalasemia mayor dan hemofilia serta portal web Jurnal JKN. 

Program itu diluncurkan serentak secara nasional. Namun selain itu, ada pula Layanan Pandawa di Kantor Cabang (KC) BPJS Kesehatan Watampone, sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Watampone, Indira Azis Rumalutur, S.si, SE,MM,AAK dalam acara Media Gathering BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bone di cafe Experto, Jl MT Haryono Watampone, Kamis (7/10/2021).

Indira menjelaskan, Layanan Pandawa merupakan layanan administrasi yang dilakukan melalui CHAT WhatsApp dan akan dilayani selama jam layanan yang telah ditetapkan.

“Peserta hanya melakukan chat dengan nomor layanan Pandawa di BPJS Kesehatan Watampone yakni 085810577462. Untuk menjaga kerahasiaan data peserta maka jangan pernah menggunakan nomor milik orang lain,” ujar Indira Azis.

“Bapak/ibu wajib menjawab setiap chat dari frontliner Pandawa maksimal 30 menit. Apabila melebihi batas waktu tersebut, bapak/ibu wajib mengulang pelayanan dengan chat kembali ke Pandawa KC Watampone di nomor 085810577462,” tambahnya.

Lanjutnya lagi, selaian layanan Pandawa, BPJS Kesehatan secara bertahap mengubah nomor layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 menjadi 165.

“Selama masa transisi sampai Desember 2021, masyarakat masih dapat menggunakan secara paralel nomor 1500 400 maupun 165 untuk menghubungi BPJS Kesehatan Care Center,” ujar Indira Azis.

Wanita jago pantung ini menjelaskan pula bahwa BPJS Kesehatan juga menghadirkan kemudahan akses pelayanan dan administrasi bagi peserta JKN-KIS, khususnya penyandang thalasemia mayor dan hemofilia yang menjalani terapi rutin transfusi darah, obat antihemofilia, dan obat kelasi besi di rumah sakit.

“Dengan simplifikasi layanan tersebut, mereka tak perlu lagi mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk memperbarui surat rujukannya,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, guna meningkatkan kualitas program JKN-KIS serta mendorong keterlibatan masyarakat dalam rangka pembangunan kesehatan nasional, BPJS Kesehatan meluncurkan Jurnal JKN. Jurnal ini merupakan web portal yang menjadi sarana sharing pengetahuan terkait program JKN-KIS melalui publikasi jurnal ilmiah.

“Intinya BPJS Kesehatan khususnya BPJS Kesehatan Watampone harus dekat dan bersinergi dengan media, khususnya para insan pers. Sebagaimana salah satu slogan kami bahwa dengan gotong royong semuanya tertolong,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Temui Warganya Penderita Tumor Ganas, Wabup HaTi : Pemerintah Akan Bantu Pengobatan

Advertorial

DPRD Wajo Serahkan Rekomendasi LKPJ 2020 ke Bupati

Daerah

Event Sepeda Sehat, Bupati Pinrang Harap Jadi Ajang Edukasi Prokes

Daerah

Melalui Aparat Pemerintah, Tim Super Peduli Serahkan Bantuan Kepada Korban Dampak Bencana Alam

Daerah

Wabup Sinjai Ikuti Upacara Peringatan HUT TNI Secara Virtual

Daerah

Pemkab Pangkep Terima Bantuan APD dan Peralatan Penanganan Covid-19

Daerah

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah dan Forkopimda Kabupaten Asahan Lakukan Sidak Pasar

Daerah

Batalyon C Pelopor Siap Amankan Perayaan Idul Fitri 1442 H dan Kenaikan Isa Al-Masih