Home / Advertorial / Bone / Daerah

Minggu, 7 Agustus 2022 - 00:55 WIB

AYP dan BRIN Edukasi Petani Kembangkan Potensi SDM

Anggota DPR RI Komisi VIl Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris, M.Sc., saat memberikan sambutan pada kegiatan bimbingan tehnik (Bimtek) pelatihan pakan ternak dipusatkan di Hotel Helios, Jalan Langsat Kelurahan Jepp’e, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Sabtu (6/8/2022)/ Foto : Dok. Tim AYP

Anggota DPR RI Komisi VIl Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris, M.Sc., saat memberikan sambutan pada kegiatan bimbingan tehnik (Bimtek) pelatihan pakan ternak dipusatkan di Hotel Helios, Jalan Langsat Kelurahan Jepp’e, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Sabtu (6/8/2022)/ Foto : Dok. Tim AYP

RAKYATSATU.COM, BONE – Untuk meningkatkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani, Anggota DPR RI Komisi VIl Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris, M.Sc., menggelar kegiatan bimbingan tehnik (Bimtek) pelatihan pakan ternak dipusatkan di Hotel Helios, Jalan Langsat Kelurahan Jepp’e, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Sabtu (6/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut AYP, sapaan akabnya berkolaborasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selaku mitra kerja, serta kordinator penyuluh Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bone.

Bimtek tersebut di ikuti sebanyak 50 peserta dari 8 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bone.

Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian Lembaga, Masyarakat, dan UMKM – BRIN Dadan Nugraha, S.Si., M.T., menjelaskan bagaimana membuat pakan ternak yang berkualitas dengan memanfaatkan bahan-bahan baku di wilayah sendiri yang bernilai tinggi dan berkualitas.

“Jadi banyak sumber daya alam yang kita miliki bisa kita manfaatkan untuk sumber bahan baku pakan ternak sehingga tidak harus bergantung dengan bahan baku Impor,” jelas Dadang.

Sementara Andi Yuliani Paris mengatakan, pelatihan ini bekerjasama dengan BRIN sebagai mitra kerja bertujuan memberikan bimbingan kepada petani untuk bisa memanfaatkan bahan lokal menciptakan pakan ternak berkualitas.

“Ini bisa bermanfaat karena makanan tenak sekarang yang siap itu mahal karena bahannya dari gandum dan sebagian juga Impor, sehingga potensi lokal yang kita punya di Bone ini bisa dimanfaatkan,” harapnya.

“Dengan itu produksi ternak juga bisa meningkat,” jelasnya.

Andi Yuliana Paris menambahkan bahwa dengan memanfaatkan bahan lokal, produksi ternak juga bisa meningkat.

“Kita jual ternak kan berdasarkan hasil bobot tubuh, kalau makanannya kurang baik tentu bobot tubuh ternak tidak akan bagus, jadi itulah tujuan kita,” ujarnya.

BACA JUGA :  Begini Bentuk Kepedulian PT Semen Tonasa Dengan Ekosistem Laut

Sementara untuk tujuan jangka panjang kata AYP adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak apalagi Bone adalah sumber ternak. “Artinya daerah-daerah lain kalau mengambil ternak itu dari Bone,” tambahnya.

Oleh karena itu Andi Yuliani berharap bagaimana mendorong pemerintah daerah bisa mengembangkan potensi peternakan di Kabupaten Bone.

“Saya dengan BRIN, kita siap bersinergi memberikan manfaat aplikasi teknologi baik makanan dan pemeliharaan bahkan kedepan bisa dengan kesehatan ternak itu sendiri,” kata Yuliana.

Untuk diketahui, selain kegiatan pelatihan pakan ternak, AYP bersama BRIN juga menggelar pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi 150 guru. [Ikhlas/Sugi]

Share :

Baca Juga

Maros

ASN Maros Mulai Ikuti Vaksinasi Booster

Daerah

Walikota Tanjungbalai Ikuti Rapat Koordinasi High Level Meeting Sumut

Sinjai

Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Akademisi IAIM Sinjai Puji Program Bupati Andi Seto

Daerah

Pemkab Sinjai dan PT Indomaret Gelar Pelatihan Keirausahaan Mandiri

Daerah

Brimob Bone Bersama Ratusan Personel Satbrimob Sulsel Bertolak Ke Jayapura , Ada Apa?

Daerah

Silaturahmi dengan Bupati, Asosiasi BPD Sinjai Nyatakan Siap Kawal Kebijakan Pemerintah

Daerah

Pemkot Tanjungbalai Ikuti Doa Bersama Lintas Agama

Wajo

Bupati Wajo Serukan Dukungan Putra Daerah di Lomba Dakwah Millenial Tingkat Nasional