Home / Daerah

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 11:44 WIB

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai di Sinjai Capai 77 Persen

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai menyebut realisasi bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Sinjai hingga saat ini mencapai 77 persen.

 

 

Hal itu dikemukakan Sekretaris Dinas PMD Haeruddin saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/8/2021) kemarin. Dia mengatakan, BLT yang digulirkan pemerintah sejak pandemi melanda Bumi Panrita Kitta, itu tersebar di 67 Desa.

 

 

Penyaluran BLT dana desa 2021 ini mengacu pada Permenkeu No 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa dengan besaran Rp300/bulan per keluarga penerima manfaat (KPM).

 

 

“BLT ini tersebar di 67 Desa dengan jumlah sasaran 9.317 KPM dengan dana yang sudah tersalur sampai posisi hari ini Rp20 miliar lebih,” bebernya.

 

 

Haeruddin juga menyebut, dana desa yang sudah tersalurkan dari pemerintah pusat ke pemerintah desa saat ini senilai Rp25 miliar.

 

 

“Jadi masih ada selisih dana kita yang stand by untuk penyaluran di bulan selanjutnya kurang lebih Rp5 miliar,” ujarnya.

 

 

Dikatakan, berdasarkan petunjuk dari Pemerintah Pusat bahwa prioritas dana desa tahun ini yang diperuntukkan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi berada pada posisi 77 persen.

 

 

“Posisi realisasi sampai sekarang sampai bulan ini sudah 77 persen dan masih ada desa yang hingga saat ini menyalurkan BLT tersebut,” ungkapnya.

 

 

Dengan begitu, Haeruddin berharap kepada pemerintah desa secepatnya menyalurkan BLT bulan Juli, Agustus bagi desa yang belum menyalurkan dan untuk tahapan DDS selanjutnya disesuaikan dengan bulan penyaluran sampai Desember 2021.

 

 

“Mudahan-mudahan masyarakat yang terkena dampak dan yang mendapatkan BLT dana desa betul betul merasakan manfaat dari bantuan tersebut,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Posyandu Milenial Pangkep Libatkan 6 Unsur Tangani Stunting dan Kesehatan Remaja

Share :

Baca Juga

Daerah

Dekopinda Sinjai Gelar Anjangsana, Ajak Warga Ikut Vaksinasi

Asahan

Pimpin Apel Operasi Ketupat Toba 2022 di Polres Asahan, Ini Kata Bupati Surya

Advertorial

Jalin Silaturahmi, Forkopimda Asahan Gelar Tembak Meriah

Daerah

Dukung Pendidikan, Pemkab Sinjai Alokasikan Dana 40 Miliar Untuk Sarpras

Daerah

Harkitnas, Bupati Sinjai Harap Dapat Menumbuhkan Semangat Gotong Royong

Daerah

Pemerintah dan Forkompimda Maros Pantau Posko Pengamanan Operasi Ketupat

Daerah

Pisah Sambut Kakan Kemenag, Bupati Sinjai Sampaikan Ini

Daerah

Baznas Bone Serahkan Bantuan Kebutuhan Dapur Lapangan ke Brimob Polda Sulsel