JIMA 2021, JOOX Ajak Penggemar Dukung Musisi Idolanya

RAKYATSATU.COM, JAKARTA – Layanan streaming JOOX sebentar lagi akan menggelar acara JOOX Indonesia Music Awards 2021 (JIMA).

Untuk menyampaikan dukungan ke musisi idola, para penggemar dapat secara langsung memberikan voting kepada idola mereka mulai tanggal 7-13 Juni 2021 di JOOX dengan cara masuk ke dalam aplikasi JOOX di smartphone.

Hal itu disampaikan Head of Marketing JOOX Indonesia, Yuanita Agata saat konferensi pers yang dilaksanakan secara virtual, Senin (07/06/2021).

Yuanita Agata mengatakan untuk kategori penghargaan mulai dari Indonesian Song of the Year, Global Song of the Year, Indonesian Group of the Year, dan Indonesian Artist of the Year.

Kemudian, Dangdut Artist of the Year, Korean Artist of the Year, International Artist of the Year, dan Best Fanbase of the Year.

Caranya lanjut dia, dengan masuk ke dalam aplikasi JOOX, temukan banner JOOX Indonesia Music Awards yang berada di halaman utama aplikasi, lalu pilih kategori penghargaan dengan cara menggeser layar ke kiri, dan tekan vote.

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan koin yang bisa didapatkan secara gratis dengan mengikuti berbagai gamifikasi yang dapat ditemukan di fitur baru JOOX Buzz.

Fitur JOOX Buzz sendiri adalah fitur video pendek terbaru dari JOOX yang memungkinkan artis, konten kreator dan pengguna untuk membagikan video pendek mereka yang menghibur dan menginspirasi ke masyarakat luas.

“Pengguna juga bisa sekaligus berinteraksi melalui comment, direct inbox messages atau memberi hadiah untuk menunjukkan apresiasi mereka kepada sesama pengguna,” ujarnya.

Lebih jauh dia jelaskan, melalui Buzz, para pengguna akan mendapat lebih banyak peluang untuk berinteraksi dengan artis idolanya dan bertemu dengan sesama penggemar lainnya sehingga dapat membangun komunitas penggemar di dalam platform.

Pengguna yang berpartisipasi dalam voting juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah ratusan juta rupiah dan hadiah utama berupa virtual dinner dengan artis nominasi “Indonesian Artist of The Year”.

“Melalui JIMA, kami harap JOOX dapat menjadi wadah yang mendekatkan musisi dan fans. Semoga ajang penghargaan JOOX Indonesia Music Awards dapat mendukung para musisi jagoan lokal agar terus dapat menghasilkan karya musik yang dapat menginspirasi dan menemani #KataHati para penggemar,” tuturnya.

Sementara General Manager Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), Braniko Indhyar menyampaikan berdasarkan data dari IFPI, Indonesia berada pada posisi nomor 34 dari 57 negara anggota di seluruh dunia, dan sekitar 70 persen itu adalah dari streaming.

“Artinya adalah industri musik di Indonesia saat ini digerakkan oleh streaming yang tentunya dihasilkan oleh fans,” katanya.

Sebagai salah satu digital streaming services yang banyak penggunanya, sangat baik JOOX menyelenggarakan JIMA dengan melibatkan fans dan menentukan pemenangnya 100 persen dari voting penggemar, karena itu hal yang baru dan pembeda dari acara Awards lain.

“Untuk musisi yang baru saja terjun ke industri musik Indonesia, teruslah berkarya dan jangan putus asa. Karena musisi itu harus aktif, konsisten dan totalitas dalam berkarya serta manfaatkan sosial media dengan baik untuk berinteraksi dengan pendengar Kalau musisinya bisa menjalin komunikasi yang baik dengan fans, pasti fansnya juga akan loyal,” ucapnya.

“Musisi bisa memanfaatkan platform streaming musik seperti JOOX, yang memungkinkan para musisi untuk lebih dekat dengan para penggemar dan lebih mudah memperkenalkan karyanya kepada audiens yang semakin luas melalui fitur-fitur interaktif yang ada di JOOX,” tandasnya.