Home / Nasional

Rabu, 7 April 2021 - 10:58 WIB

Informasi Tsunami di NTT, BMKG : Tidak Benar

RAKYATSATU.COM – Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Syaeful Hadi mengatakan informasi yang beredar di masyarakat bahwa akan terjadi tsunami di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan berita yang tidak benar.

“Berita (akan terjadi tsunami di NTT) tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah membuat berita tersebut,” katanya di Kupang, Rabu, 7 April 2021, menanggapi informasi adanya tsunami yang akan terjadi di wilayah NTT dan meresahkan masyarakat.

Akibat informasi tidak benar itu membuat warga di wilayah pesisir Kota Kupang berlari meninggalkan rumah menuju tempat untuk berlindung di area yang lebih tinggi pada Rabu dini hari.

Syaeful mengatakan informasi itu tidak benar dan fenomena yang terjadi adalah gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah perairan NTT.

Ia menyebutkan, seperti gelombang setinggi 1,25-1,5 meter berpeluang terjadi di Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan utara Kupang dan Rote Ndao.

Tinggi gelombang 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Kupang dan Rote Ndao, Samudera Hindia selatan Kupang dan Rote Ndao.

Selain itu, tinggi gelombang 4-6 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia selatan Sumba dan Sabu Raijua.

Syafeul mengatakan akibat gelombang tinggi dan curah hujan yang signifikan dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah NTT.

Oleh karena itu, Syaeful mengimbau masyarakat wilayah pesisir Kota Kupang maupun daerah lainnya yang berpotensi terdampak agar waspada terhadap adanya fenomena banjir pesisir.

Sumber : Viva.co.id

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemenkumham Gelar Seminar, Menteri Yasonna : Hasilnya Akan Dimanfaatkan Sebagai Rumusan Kajian

Ekobis

Fokus Kembangkan Pasar Ritel dan Produk Halal, Zurich Syariah Target Jadi Pemimpin Industri Asuransi Syariah di 2024

Nasional

Dua Kali Diperiksa KPK Terkait Kasus NA, Ini Proyek yang Pernah Dikerjakan Haji Momo

Nasional

Begini Sosok Kontraktor yang Ikut Ditahan KPK Bersama Gubernur Nurdin

Nasional

PT Antam Dihukum Bayar Emas 1,1 Ton

Nasional

Pemerintah Umumkan Pembubaran FPI, Aziz : Yang Utama Usut Tuntas Kematian Pengawal Rizieq

Nasional

Pasca Dibubarkan, Habib Rizieq Bakal Bentuk Ormas Baru

Nasional

Akhir Tahun, Suzuki Pastikan Ketersediaan Suku Cadang Aman