Jadi Narsum di Entrepreneur School, Kadis Kominfo Sinjai Ajak Manffatkan Media Internet

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan pembatasan disegala sektor.

Akibatnya pengusaha harus putar otak untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi virus corona. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online (e-commerce) dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumen.

Hal ini diterangkan oleh Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai Irwan Suaib ketika didaulat sebagai narasumber terakhir dalam gelaran ‘Entrepreneur School’ yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, di Ruang Pola Eks Kantor Bupati Sinjai, Sabtu (06/02/2021) sore.

Dihadapan puluhan Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah serta beberapa Organisasi Kemahasiswaan IAIM Sinjai, Irwan mengajak generasi pelanjut ini agar memanfaatkan media internet secara efektif dan produktif, seperti mencari informasi sesuai kebutuhan dan memasarkan produk melalui berbagai saluran internet yang tersedia.

“Berbagai jenis pemasaran online yang telah disiapkan mulai dari saluran website, media email, youtube, market place hingga yang paling banyak saat ini digunakan yaitu melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan sejenisnya. Kita tinggal memilih saja media apa yang kita gunakan sesuai dengan produk yang dipasarkan dan tentunya konten yang dipasarkan harus lebih kreatif agar menarik minat konsumen” terangnya.

Melalui cara ini, kata Irwan, dinilai paling efektif dilakukan di pandemi sekarang ini dan diyakini akan tetap terus bertahan meski pandemi Covid-19 berlalu sebab sebagian besar masyarakat khususnya di Sinjai sudah mahir penggunaan media sosial, apalagi kecederungan para konsumen saat ini yang memilih cara praktis dalam berbelanja melalui online dibanding berintekasi melalui tatap muka.

Sementara itu salah seorang peserta ‘Enterpreneur School’, Mirna merasa kagum dengan paparan yang disampaikan oleh Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai sebab banyak trik-trik dan informasi yang didapatkan melalui pemasaran secara online.

“Alhamdulillah banyak hal yang disampaikan tadi oleh beliau mulai dari cara pemasaran produk melalui media online, bagaimana agar produk yang dipasarkan bisa diminati konsumen sampai bagaimana memberikan semangat kepada kami agar bisa menjadi wirausaha muda yang sukses yang sejalan dengan program pemerintah dalam melahirkan wirausaha baru di Sinjai,” tandasnya.