Sinergi Dengan Pemerintah, BNI Salurkan KUR Tani Untuk Pemulihan Ekonomi

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide, menghadiri acara Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani Jagung Komoditi di Kabupaten Soppeng 2021, di Lapangan sepak bola Tetewatu kecamatan Lilirilau, Selasa (6/4/2021).

Penyaluran KUR tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 07 dengan PT Adhy Multi Quality selaku perusahaan lokal yang bergerak di sektor pertanian khususnya jagung yang ada di Kabupaten Soppeng yang nantinya menjadi offtaker/penjamin pasar bagi petani jagung.

Penandatanganan PKS tersebut di lakukan oleh Pemimpin BNI Cabang Sengkang Syamsul Kamar dan Direktur PT Adhy Multi Quality Fitri Septiani Fachyuddin dan disaksikan oleh Pemimpin BNI Wilayah 07 Hadi Santoso, Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide, dan Forkopinda Kabupaten Soppeng.

Kepala Wilayah 07 Bank BNI, Hadi Santoso dalam sambutannya mengatakan, dirinya hadir disini menjadi titik point untuk Kabupaten Soppeng, dengan menunjukan komitmen BNI dalam rangka ikut serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya melalui pemberian kredit KUR untuk petani jagung.

Sinergi Dengan Pemerintah, BNI Salurkan KUR Tani Untuk Pemulihan Ekonomi

“Percepatan program pemulihan nasional yang sekarang di galakan pemerintah, diawali dari sektor yang paling dasar yaitu sektor pertanian, nelayan, perkebunan dan perikanan,” katanya.

Menurut dia, sektor inilah yang diharapkan lebih cepat mampu menggerakkan roda perekonomian yang lebih besar. “Jadi kalau peran petani tidak bisa berproduksi lebih maksimal, maka akan berdampak pada sektor yang lebih besar lagi, jadi pemulihan ekonomi kita tentu bergantung produktivitas dari petani,” terangnya.

“Khusus di Kabupaten Soppeng daerah penghasil jagung yang cukup besar, maka harus terus kita kembangkan,” sambungnya.

Sementara Wakil Bupati Soppeng dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa terkait kredit harus memperhatkan tiga hal yakni, bagaimana sukses penyaluran, bagaimana sukses penggunaan dan bagaimana sukses pengembalian.

“Pemerintah tidak hanya mensupport tetapi bersama dengan Forkopinda akan ikut mengawal karena Pemerintah sangat mengharapkan peningkatan taraf hidup dari para petani,” katanya.

Untuk itu, Lutfi Halide juga menyampaiakan kepada pimpinan wilayah BNI 07 agar tidak segan-segan membantu petani masyarakat Soppeng.