Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur, Pemkab Sinjai Gelontorkan Dana Rp70 Miliar untuk Pulau Sembilan

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai terus berupaya untuk fokus meningkatkan pembangunan sejumlah infrastruktur termasuk di Kecamatan Pulau Sembilan.

Upaya ini dilakukan dalam rangka mendukung pemerataan pembangunan di setiap wilayah dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sinjai.

Meski masih dalam pandemi Covid-19, Tidak tanggung-tanggung anggaran yang digelontorkan untuk Kecamatan Pulau Sembilan tahun 2021 ini, mencapai kisaran Rp70 Miliar lebih.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib dalam acara Musrenbang Tingkat Kecamatan Pulau Sembilan di Aula Kantor Camat Pulau Sembilan, Jumat (05/03/21) kemarin.

Menurut Irwan yang juga selaku Pelaksana Tugas Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai ini menyampaikan, bahwa anggaran tersebut bersumber sari APBD Kabupaten Sinjai, APBD Provinsi Sulsel maupun dari Pemerintah Pusat.

Beberapa program fisik yang akan dilaksanakan diantaranya pembangunan Dermaga di Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan senilai Rp64 Miliar, Dermaga Apung di Desa Buhung Pitue senilai Rp1,8 Miliar, Pembangunan Tangki Septik skala individual minimal 54 KK dengan jumlah 92 unit di Desa Pulau Buhung Pitue senilai Rp644 juta, Pembangunan Tangki Septik skala individual minimal 50 KK dengan jumlah 132 unit di Desa Pulau Harapan dengan anggaran Rp924 juta.

Selain itu, juga beberapa bantuan di sektor perikanan seperti pengadaan mesin kapal dan sarana prasarana lainnya. Di bidang kesehatan berupa pengadaan alat kesehatan untuk Puskesmas dan Pustu yang ada di Pulau Sembilan, serta di bidang pendidikan berupa perbaikan sarana dan prasarana sekolah.

“Bapak Bupati sudah menyampaikan, bahwa tahun berikutnya adalah bagaimana konsentrasi kita pada peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat salah satunya di sektor perikanan. Berbicara sektor ini tentu masyarakat di Pulau Sembilan harus diberdayakan dan kedepan akan ada anggaran khusus untuk masyarakat Pulau Sembilan,” jelas Irwan.

Bukan hanya itu, kata Irwan, Bupati ASA telah melakukan komunikasi dengan PLN Sulselbar untuk rencana pembangunan jaringan listrik bawah laut bagi masyarakat Pulau Sembilan.

“Semoga secepatnya kita bisa lakukan MoU dengan PLN terkait rencana ini, sehingga di tahun 2022 mendatang sudah bisa kita alokasikan dan masukkan dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan,” tambahnya.