Dosen STKIP Muhammadiyah Manokwari Laksanakan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Kahoot

RAKYATSATU.COM, BONE – Tim Dosen STKIP Muhammadiyah Manokwari adakan pendampingan penggunaan aplikasi Kahoot untuk menunjang pembelajaran guru dimasa pandemi Covid-19 sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dimasa pandemi Covid-19.

Pelatihan kali ini merupakan rangkaian Tri Dharma perguruan tinggi dan tanggung jawab selaku Dosen pada poin Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Dengan tim pelaksana yang terdiri dari Syamsul Darmawan Dosen PGSD, Siti Fatimahtun Zahra Dosen PGSD, Siti Muflihah Dosen PGSD, Rahmatia Dosen Matematika.

Pelatihan diadakan di SD Negeri 08 Arfai Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan yang diikuti oleh 25 guru, dibuka oleh Tiarsan Sinaga, S.Pd sekaligus penyerahan sertifikat secara simbolis oleh ketua pelaksana Syamsul Darmawan, M.Pd.

Penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Ketua pelaksana, Syamsul Darmawan, M. Pd.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan dibagi menjadi tiga (3) sesi diantaranya penyampaian materi, simulasi dan terakhir pembuatan materi ajar yang didampingi langsung oleh tim.

Dengan harapan, guru SD Negeri 05 Arfai dapat memanfaatkan aplikasi Kahoot sebagai media/wadah pembelajaran agar siswa atau peserta didik antusias mengikuti pelajaran dimasa pandemi.

Penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran atau pembelajaran berbasis elektronik yang lebih efektif dan efisien serta menyesuaikan dengan zaman.

Dimana siswa belajar sambil bermain pada penggunaannya. Hal ini juga dapat mengurangi ketergantungan siswa terhadap guru, agar mereka bisa lebih mandiri dalam belajar, dalam artian tidak monoton dengan gaya belajar yang konvensional, tetapi dia dapat digiring belajar dengan gaya bermain games kapan saja dengan kemampuan yang dimiliki siswa.

Pada program ini ketua pelaksana (Darmawan) menyampaikan akan ada tindak lanjut serta evaluasi kepada guru untuk lebih memaksimalkan pendampingan pembelajaran kepada guru berbasis online.