Sudah Tumbang, Pohon di Tanjungbalai Berdiri Lagi dan Memakan Korban

Sudah Tumbang, Pohon di Tanjungbalai Berdiri Lagi dan Memakan Korban/ Ist

RAKYATSATU.COM, TANJUNGBALAI – Pohon raksasa berjenis jabi-jabi tumbang dan berdiri lagi di lingkungan IV, Kelurahan Sei Merbau, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut).

Akibatnya, satu warga tewas dan dua luka akibat terpental dari pohon yang diperkirakan telah berusia ratusan tahun itu.

Lurah Sei Merbau, Fahrurrozi, membenarkan kejadian tersebut. Tiga warganya yang menjadi korban dan salahsatunya sempat mendapatkan perawatan medis di RSUD dr Mansyur Kota Tanjungbalai karena luka memar di bagian dada, namun akhirnya meninggal dunia.

“Iya benar, ada satu orang korban yang sempat dirawat beberapa jam di rumah sakti meninggal dunia tadi malam,” kata Rozi saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (5/4/2021).

Rozi menjelaskan, peristiwa yang menimpa warganya itu bermula saat pohon besar tersebut tumbang pada hari Rabu (31/3) lalu karena hujan dan angin kencang. Pohon itu menimpa lima rumah di sekitarnya. Warga sekitar lalu berinisiatif untuk bergotong royong memotong satu per satu dahan pohon yang tumbang tersebut pada Minggu (4/4) siang.

“Kalau kejadiannya ini (pohon ini bisa berdiri kembali), kepling saya melaporkan ada warga gotong-royong. Mereka memanjat pohon, memotong beberapa dahan yang tumbang ini. Mungkin karena akar yang menahan pohon ini berkurang bebannya karena sudah di potong sebagian, hingga sisa batang yang belum dipotong ini jadi terangkat, seolah-olah berdiri lagi,” kata Rozi

“Sementara itu, posisinya ada tiga orang warga yang di atas batang pohon belum terpotong sempat terlempar karena mendadak pohonnya menjadi seperti berdiri lagi,” imbuhnya.

Sementara salah seorang warga yang akhirnya tewas bernama M Yusuf, sempat tergantung di atas pohon yang berdiri. Korban mengalami luka memar di bagian dada akibat sentakan batang pohon.

Informasi dihimpun awak media korban meninggal telah dibawa ke rumah duka di Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, untuk dimakamkan. Sementara itu, sisa pohon yang tumbang dan sisa batang pohon yang tegak masih dibiarkan warga berdiri di lokasi kejadian.