Home / Sinjai

Senin, 4 April 2022 - 13:59 WIB

Aplikasi SIAK Disdukcapil Sinjai Efisiensi Pelayanan Adminduk

Suasana pelayanan administrasi kependudukan Disdukcapil Sinjai/ Foto : Sudirman

Suasana pelayanan administrasi kependudukan Disdukcapil Sinjai/ Foto : Sudirman

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya dengan melakukan migrasi dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terdistribusi ke SIAK terpusat yang mulai diterapkan sejak akhir maret 2022.

Kepala Disdukcapil Sinjai Drs. Akmal mengatakan bahwa SIAK terpusat merupakan sistem digitalisasi yang digunakan agar pelayanan Dukcapil dapat terkoneksi daring secara nasional.

Penerapan SIAK terpusat, kata dia, dilakukan pemerintah pusat agar semua pelayanan Dukcapil bisa terkoneksi secara nasional sehingga bisa lebih efisien dari segi sistem keamanan siber dan memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) dengan cepat.

“Semoga penerapan SIAK terpusat ini bisa kita lakukan dengan baik tanpa ada kendala sehingga akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, Senin (4/4/2022).

Sementara itu, Pengelola SIAK Disdukcapil Sinjai Nursyam Manda mengatakan bahwa jika sebelumnya permasalahan adminduk masyarakat membutuhkan waktu yang lama sebab data base masih berada di daerah.

Sedangkan melalui penerapan SIAK terpusat ini, segala permasalah adminduk bisa segera terselesaikan dengan cepat sebab data base sudah berada dipusat dan diproses dengan cepat.

“Karena data base kita sudah ada di pusat, sekali kita input datanya disini sudah terbaca dipusat, sehingga apapun masalahnya langsung bisa diselesaikan di loket tanpa perlu menunggu lagi proses lama seperti sebelumnya” jelasnya. [Ikhlas/Sudirman]

BACA JUGA :  Gebyar Vaksinasi Betabur Hadiah Bakal Digelar di Sinjai

Share :

Baca Juga

Advertorial

Peringatan Haornas, Bupati Sinjai Minta Seluruh Elemen Gaungkan Semagat Olahraga

Sinjai

17 Ruas Jalan Bakal Jadi Fokus Pembangunan Pemerintah Sinjai

Daerah

Sekretariat DPRD Sinjai Terima Award Kategori Pelaporan Pajak Terbaik

Advertorial

Pemkab Sinjai Apresiasi Kegiatan Jelajah Literasi : Mari Tingkatkan Indeks Literasi

Sinjai

Bupati Wajo Resmikan Dua Pondok Tahfiz, Ini Yang Disampaikan

Advertorial

Tiga Irigasi di Tellulimpoe Bakal Dikerja Tahun Ini

Sinjai

Pengingkatan Pengetahuan Melalui Pelatihan Pengolahan Perikanan Tangkap

Daerah

BKKBN Sulsel Lakukan Pendampingan Audit Kasus Stunting di Sinjai, Begini Tujuannya