Vaksin Dadakan, Kades Kabur dan Alasan Miliki Penyakit

Vaksin Dadakan, Kades Kabur dan Alasan Miliki Penyakit

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Sejumlah Kepala Desa (Kades) yang hadir pada rapat koordinasi pemanfaatan Balla Ewako Sitaroang Deceng dalam rangka pemulihan Ekonomi ditengah Pandemi Covid-19, di Kantor DPRD Soppeng, kabur saat dilakukan vaksinasi dadakan oleh Dinas Kesehatan, Kamis (4/3/2021).

Pantauan Media, dari jumlah yang hadir yakni 70 Kepala Desa dan Lurah, empat Kades yang tidak mengikuti Vaksin yakni Kades Parenring, Lompulle, Congko, Palangiseng dan Lurah Tenttikenrarae, kabur tapa dilakukan skrining oleh tim kesehatan.

Menurut ketua Apdesi Kabupaen Soppeng, Jumaldi mengatakan, bahwa Kepala Desa yang tidak mengikuti vaksinasi dadakan dikarenakan memiliki riwayat penyakit diantaranya diabetes dan jantung.

“Yang tidak ikut karena penyakitnya Seperti diabetes dan jantung,” kata Jumaldi yang juga merupakan Kades Mattabulu.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Soppeng, Sallang megnatakan, Vaksinasi yang digelar pihaknya ini merupakan upaya menekan angka penyebaran Covid-19.

Dikatakan dia, sebagai pimpinan wilayah didaerahnya masing-masing, Kepala Desa dan Lurah harus memberikan contoh kepada warganya terkait pentingnya vaksinasi untuk melawan Covid-19.

“Semua Kepala Desa wajib di vaksin, karena dia harus memberikan contoh kepada warga,” ujarnya.

Lanjut Sallang, vaksinasi tersebut merupakan vaksinasi tahap kedua Dosis pertama yang diperuntukkan kepada Kepala Desa, TNI, Polri dan Pol PP dan petugas Damkar.

“Ini tahap kedua dan dosis pertama untuk desa, kemarin sudah dilaksanakan untuk TNI, Polri, Pol PP & Damkar, besok (Jumat,-red) Kejaksaan, Pengadian Agama dan Negri serta seluruh anggota DPRD Soppeng,” jelasnya.

Dia berharap, vaksinasi yang diperuntukkan pada instansi tersebut dapat mengikuti vaksinasi dan memberikan contoh kepada masyarakat kabupaten Soppeng tentang pentingnnya vaksinasi.