Home / Daerah

Senin, 4 Januari 2021 - 04:12 WIB

Tahun 2021, Eskul Pramuka Wajib Diterapkan di Sekolah

RAKYATSATU.COM, MAROS – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Maros Ir H Takdir menghimbau agar sekolah di Kabupaten Maros untuk menerapkan Praja Muda Karana (Pramuka) sebagai kegiatan Ekstrakurikuler (Ekskul).

Hal ini dikatakan kadis usai memimpin rapat kordinasi dengan seluruh pejabat Disdik yang dihadiri para Kabid, Pengawas dan Kepala Sekolah, di aula Kantor Dinsdik Maros, Senin (04/01/2021).

Dikatakan Takdir, Kepramukaan wajib menjadi kegiatan ekstrakurikuler sekolah karena tertuang dalam kurikulum 2013, dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik, khususnya dalam pendidikan budi pekerti dan karakter.

“Perlu dipahami bahwa kegiatan pramuka bukan menjadi mata pelajaran wajib, melainkan menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh peserta didik di Sekolah,” jelas Takdir.

Selain itu, lanjut Kadis, ada dua hal yang menjadi alasan dalam menjadikan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib disekolah di Maros yaitu, dasar legalitas dan undang-undangnya jelas. Dimana Undang-undang disini adalah UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan pramuka mengajarkan banyak nilai. Mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, kedisiplinan, sosial, kecintaan terhadap alam, sampai kemandirian.

“Siswa-siswi yang terlibat dalam kepramukaan otomatis telah terbentuk kedisiplinan yang sudah tidak diragukan,” tambahnya.

Kemudian lanjut Takdir, Orientasi pengembangan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Di samping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan.

“Jadi kegiatan pramuka di Sekolah untuk tahun 2021 ini kami harapkan output peserta didik menjadi baik dan sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan pramuka,” tutup Kadis.

BACA JUGA :  Berhasil Jalankan Tugas, Bupati Ungkapkan Kebangaan Kepada Paskibraka

Share :

Baca Juga

Sinjai

Aplikasi SIAK Disdukcapil Sinjai Efisiensi Pelayanan Adminduk

Daerah

Dua Pasien Covid 19 Meninggal, Batalyon C Pelopor Bersama Tim Pemulasaran Jenazah Kawal Ketat Proses Pemakaman

Daerah

Berkunjung di Hutan Mangrove, Anggota DPRD Sulsel Minta Promosi Diperkuat

Bone

Brimob dan TNI “Serbu” Pasar Sentral Lama Watampone

Sinjai

Akhir Pekan, Pemkab SInjai Bakal Gelar Peringatan Hardiknas

Daerah

Libur Lebaran, Tempat Wisata di Sinjai Terapkan Prokes Ketat

Wajo

Kasrem 141/Tp Resmi Tutup Program TMMD Wajo

Daerah

Ditutup Kasiter, Ini Sambutan Danrem 141/Tp di Penutupan TMMD Kodim 1422/Maros