Home / Daerah

Jumat, 3 Desember 2021 - 19:53 WIB

Pola Hidup di Era Modern, Pemkab Maros Turut Kampanyekan GERMAS

RAKYATSATU.COM, MAROS – Bupati Maros serta beberapa Perangkat Daerah (PD) dan unsur lainnya. Menggelar kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di masa pandemi covid-19.

Aksi Kampanye yang digelar di Lapangan Pallantikang Kantor Bupati Maros ini di awali dengan kegiatan senam bersama. dan selanjutnya, dilakukan aksi simbolis yang di lakukan oleh Bupati Maros dengan menanda tangani SK dukungan lintas Sektor dalam rangka penerapan Germas di Kabupaten Maros, Jumat (3/12/2021).

Salah satu pemicu Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan kegiatan GERMAS ini dikarenakan adanya perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern. dan menurutnya gerakan ini adalah gerakan yang relevan di masa saat ini.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini, pola hidup bersih dan sehat menjadi kunci utama. Perlu keterlibatan masyarakat secara aktif dalam penerapan program Germas,” ungkap Chaidir.

Dalam sambutannya, Chaidir berharap agar semua pihak bisa saling bekerja sama dalam membanyut penerapan GERMAS di Kabupaten Maros. Karna sukses tidaknya penerapan Germas di Maros, bergantung pada dukungan dan komitmen lintas sektor.

“Bukan hanya Dinas Kesehatan, tapi juga beberapa Perangkat Daerah lainnya. Ini sangat penting untuk memperkuat kerjasama lintas sektor,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Chaidir memaparkan secara teknis peran Kepala PD yang nantinya akan disebar ke berbagai kecamatan. Mereka akan membantu Pemerintah Daerah dalam mensosialisasikan Germas di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Maros.

“Kepala Perangkat daerah akan disebar ke berbagai kecamatan untuk mengkampanyekan Germas. Selain itu, ini juga dalam rangka percepatan target vaksin di wilayah yang masih kurang capaian vaksinnya,” beber Chaidir.

Terdapat tujuh langkah penting jelas Chaidir dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Langkah ini diantaranya, melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.

“Hal ini penting untuk menjaga masyarakat tetap sehat. Jika masyarakat sehat mereka akan produktif, lingkungan menjadi bersih dan beban pembiayaan kesehatan akan berkurang,” ungkapnya.

Bersamaan dengan itu, dilakukan juga Penandatanganan komitmen bersama kawasan tanpa rokok di Kabupaten Maros sesuai Perda No 11 Tahun 2014.

Share :

Baca Juga

Daerah

Sharing Regulasi dan Upaya Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Melalui Forum bersama Para Pemangku Kepentingan Kabupaten Sinjai

Asahan

LKPD Unaudited 2021 Diterima, Bupati Asahan Apresiasi BPK Sumut

Daerah

Zona Hijau, Pemkab Pinrang Kembalikan Gedung Pinjaman

Daerah

Peringatan HLUN, Andi Seto Sebut Lansia Harus Jadi Mentor

Daerah

Pelajar Belum Vaksin Tak Bisa Ikut PTM di Wajo

Daerah

DPRD Paripurnakan Pnyerahan RPJMD Kabupaten Maros

Daerah

Irwan Syuaib Paparkan Rencana Pembangunan Daerah Sinjai

Bantaeng

Kunker di Kodim 1410/Bantaeng, Pangdam XIV Hasanuddin Lakukan In