Home / Advertorial / Daerah / DPRD Wajo

Rabu, 3 November 2021 - 09:00 WIB

Belajar Pengembangan Energi, Pimpinan DPRD Wajo Kunker ke DEN

RAKYATSATU.COM, WAJO – Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo melakukan kunjungan ke Dewan Energi Nasional (DEN) RI di Jakarta, Rabu 3 November 2021.

Kunjungan kerja Ketua DPRD Wajo, H. Andi Alauddin Palaguna didampingi oleh 2 Wakil Ketua DPRD yaitu, H. Firmansyah dan H. Andi Senurdin Husaini.

Kunker ini dilaksanakan dalam rangka Koordinasi dan konsultasi untuk mendapatkan informasi dan langkah strategis daerah dalam mendukung program pengembangan Sumber Daya Energy (DEN) terbarukan dan migas pada wilayah provinsi Sulawesi selatan, dan peran serta daerah penghasil dalam pengelolaan migas dan energi.

Dalam kunjungannya ke DEN, Ketua DPRD dan 2 Wakil ketua diterima langsung oleh Setjen DEN RI Nanang Kristanto, Anggota DEN Musri dan Eri Pramono Hadi.

Ketua DPRD Wajo, Andi Alauddin Palaguna, menyampaikan bahwa pengembangan Energi terbarukan di Kabupaten Wajo betul-betul memperhatikan visi pengelolaan energy nasional yaitu terwujudnya pengelolaan energy yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dengan memprioritaskan pengembangan energy.

Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Wajo, Firmansyah menjelaskan, bahwa kunjungan bertujuan untuk bersilaturahmi dan mengetahui strategi pengembangan energi daerah ke depan, khususnya gas bumi dan tenaga surya.

“Kabupaten Wajo memiliki potensi sumber daya alam berupa gas bumi di Blok Sengkang yang telah dimanfaatkan untuk jaringan gas kota dan potensi tenaga surya juga cukup besar,” ujar Firmansyah.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Wajo, Ir. H. Andi Senurdin, menyebutkan, bahwa Wajo kaya akan sektor energy antara lain, Daerah Aliran Sungai (DAS), Gas Alam dan Tenaga Angin yang betul-betul sangat menunjang proyek pengembangan energy terbarukan.

Sementara itu, Anggota DEN RI, Eri Purnomo Hadi menyampaikan bahwa Rencana Umum Energi Daerah (RUED) merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi mengenai rencana pengelolaan energi Provinsi yang merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan RUEN secara lintas sektoral.

Sekjen DEN RI, Djoko Siswanto menyampaikan bahwa lahan LNG di Sengkang dilaporkan telah siap dan pembangunan sudah mencapai 75 persen dengan kapasitas sebesar 70 MMSCFD dan saat ini sedang menunggu peminat alokasi LNG tersebut.

“Saya berharap Pemda dan DPRD dapat mendukung kegiatan tersebut,” tutupnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Komisi I DPRD Sinjai Gelar RDP, Bahas Pelantikan Kepala Lingkungan

Daerah

Perpisahan Siswa MAN 1 Sinjai, Ini yang Disampaikan Bupati

Daerah

Safari Ramadan di Desa Sipaku Area, Bupati Surya Serahkan Bantuan Untuk Masjid

Daerah

Kejari Sinjai dan BRI Jalin Kerjasama Mengenai Pendampingan Hukum Datun

Bone

Danrem 141/Tp Gowes Bersama Personelnya

Maros

Bupati Maros Serahkan LKPJ 2021 Ke DPRD Maros

Bone

Batalyon C Pelopor Gelar Anjangsana Ke Purnawirawan dan Warakawuri Brimob Serta Pesantren

Daerah

Korem 141/Tp Peringati Isra Mi’raj Sebagai Landasan Moral Prajurit dan PNS Kodam XIV/Hasanuddin Bermental Tangguh