Home / Advertorial / Daerah / Sinjai

Rabu, 3 Agustus 2022 - 13:57 WIB

Rakor Pembentukan PKP, Pemerintah Sinjai : Upaya Wujudkan Pemukiman Terpadu

Suasana Rakor Pembentukan Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar, di Ruang Rapat Sekda Kantor Bupati Sinjai, Rabu (3/8/2022)/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai

Suasana Rakor Pembentukan Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar, di Ruang Rapat Sekda Kantor Bupati Sinjai, Rabu (3/8/2022)/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar rapat koordinasi Pembentukan Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), di Ruang Rapat Sekda Kantor Bupati Sinjai, Rabu (3/8/2022).

Rapat tersebut dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar, didampingi Sekretaris Bappeda Sinjai Abrar Awali serta dihadiri beberapa OPD yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) PKP.

Dalam arahannya, Ilham Abubakar mengatakan bahwa pembentukan Forum PKP merupakan salah satu amanat dalam Pasal 133 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, dimana Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban untuk membentuk Forum PKP setelah terbentuk Pokja PKP.

Pembentukan forum PKP ini tujuannya adalah membantu pemerintah dalam upaya mewujudkan suatu pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman yang terpadu.

“Forum ini kita bentuk untuk membantu Pemda maupun Pusat dalam rangka perencanaan permukiman dan penataan itu sendiri. Kiita harap dengan adanya forum ini penataan permukiman sudah terintegrasi mulai pada proses perencanaan, pengadaan, drainase termasuk penataan permukiman kumuh,” jelasnya.

Selain itu, forum PKP nantinya menjadi wadah untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, membahas dan merumuskan arah kebijakan penyelenggaraan PKP, meningkatkan peran dan pengawasan masyarakat, memberikan masukan ke pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta melakukan peran arbitrase dan mediasi.

Andi Ilham menambahkan, forum ini terdiri dari instansi pemerintah yang terkait dalam bidang perumahan dan kawasan permukiman, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Akademisi dan beberapa unsur terkait lainnya. [Ikhlas/Sudirman]

BACA JUGA :  Begini Komitmen Pemkab Wajo Wujudkan Pemerintah yang Amanah

Share :

Baca Juga

Asahan

Gubernur Sumut Buka Pra Musrenbang Zona Pantai Timur, Bupati Asahan Sampaikan Hal Ini

Soppeng

Kopi Mattabulu Goes To Mandalika

Gowa

Didampingi Danrem 141/Tp, Pangdam XIV Hasanuddin Kunker di Makodim 1409/Gowa

Bone

Ini Pesan Danyon C Pelopor Bagi Anggota Brimob Bone Yang Naik Pangkat

Daerah

Layanan di Puskesmas Balangnipa Ditutup Sementara

Soppeng

Brimob Bone Terjunkan Tim SAR Cari Warga Tenggelam di Soppeng

Soppeng

Turnamen Sepakbola, Wabup Ingatkan Prokes

Maros

ASN Maros Mulai Ikuti Vaksinasi Booster