Home / Daerah / Wajo

Rabu, 3 Agustus 2022 - 22:15 WIB

Kawal Bantuan BSPS, H Mustafa : Alhamdulillah Bahan Sesuai Kualitas 

Anggota DPRD Wajo, Fraksi Gerindra H Mustafa (paling kanan) saat ngopi bareng awak media di salah satu Warkop di sengkang, Selasa (2/8/2022). Ia menilai bahan yang digunakan pada program BSPS telah sesuai kualitas/ Foto : A Rafiuddin

Anggota DPRD Wajo, Fraksi Gerindra H Mustafa (paling kanan) saat ngopi bareng awak media di salah satu Warkop di sengkang, Selasa (2/8/2022). Ia menilai bahan yang digunakan pada program BSPS telah sesuai kualitas/ Foto : A Rafiuddin

RAKYATSATU.COM, WAJO – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) melalui anggota legislatifnya DPRD Wajo H Mustafa terus mengawal program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) hingga ke desa-desa.

Diketahui, jumlah Penerima Bantuan BSPS di Kabupaten Wajo sebanyak 805 unit rumah tidak layak huni dari 14 Kecamatan dan 64 desa/kelurahan tersebar di Kabupaten Wajo.

Bantuan ini merupakan Aspirasi dari Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, H. Andi Iwan Darmawan Aras yang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Bahkan H Mustafa intens melakukan koordinasi dengan masyarakat terkait program yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, terutama Toko dan Suplayer.

“Alhamdulillah Material kayu sudah sesuai kualitas dan keinginan masyarakat,” ujar H Mustafa, kepada media, di salah satu Warkop di sengkang, Selasa (2/8/2022).

Hasil penelusuran Awak Media di beberapa Kecamatan yang menerima BSPS, terlihat kondisi rumah sudah selesai 100 persen.

Salah satu penerima manfaat, Jufri warga Kelurahan Talotenreng, Kecamatan Sabbangparu, Rabu (3/8/3/2022), ungkapkan terima kasih kepada Andi Iwan Darmawan Aras atas bantuannya.

Jufri mendapatkan bantuan program bedah rumah pada tahun 2022 ini, setelah didata oleh pihak desa dan dinyatakan lolos administrasi dan verifikasi lapangan.

Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten (PUPR) Wajo, Andi Aso Ashari, ST.,M.Si saat dikonfirmasi mengatakan, ini meruapakan Tahun ke-6 Kabupaten Wajo mendapatkan Bantuan BSPS.

Belum lagi, lanjut dia, bantuan yang lain yang juga dari Aspirasi H Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) melalui Kementerian lain yang bekerjasama dengan Komisi V.
“Semoga kedepannya bermanfaat bagi masyarakat. Karena memang di daerah kami masih banyak rumah tidak layak huni,” kara Andi Aso kepada Rakyatsatu.com.

BACA JUGA :  Rotasi Pejabat Struktural, Bupati Fahsar : Saya Tidak Mau Lihat Kinerja Hancur

Masih kata Andi Aso, untuk mendapatkan bantuan BSPS, ada empat kriteria yang harus dipenuhi yaitu hunian yang kondisinya di bawah standar meliputi kondisi bangunan, kesehatan sanitasi dan air bersih layak serta luas rumah sesuai standar ruang gerak yang minimum.

Dikonfirmasi berbeda, Kusnadi selaku Koordinator Kabupaten Tenaga Fasilitator Lapangan Kabupaten Wajo, mengatakan pada dasarnya semua pengerjaan dari bantuan BSPS sudah bekerja pada porsinya dan tupoksinya.

“Alhamdulillah saat ini progress Kabupaten Wajo sudah 70 persen. Namun memang selaku Tenaga Fasilitatilor kami merasa Durasi Kontrak kerja Kami yang begitu singkat hanya 4 Bulan. Sehingga dapat dipastikan akan ada beberapa rumah yang tidak terselesaikan tepat waktu ditambah lagi kendala lapangan yang ada yang juga memberi andil bagi terlambatnya progress,” urainya.

Kedati demikian, bagi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan Korkab akan komitment mengawal jalannya progress BSPS sampai Tuntas meski kontrak kerja sudah habis.

Selain itu dari Ketua lembaga Pemerhati DPD LIDIK PRO Kabupaten Wajo, Ir Nasir Rahim, berharap Program BSPS 2022 dapat menjadi Pilot proyek, dan lebih utama program ini sebagai program pemulihan ekonomi dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh Masyarakat. [Ikhlas/A Rafiuddin]

Share :

Baca Juga

Advertorial

Rombongan Study Lapangan PKA Kemendagri Regional Makassar Kunjungi Maros, Bupati : Semoga Bisa Berikan Manfaat Bagi Peserta

Bone

Istri Bupati Bone Dinobatkan Jadi Bunda Baca, Begini Harapan Fahsar

Daerah

Masjid At-Taubah Salurkan Bantuan ke Anak Yatim, Kaum Dhuafa dan Penghafal Alquran Diawal Syaban 1443 H

Sinjai

Disdik Sinjai Gelar Bimtek Manajemen Kinerja ASN

Daerah

Digelar November Mendatang, Pemkab Maros Rakor Pelaksanaan Pilkades

Bone

Tiba-tiba Baznas ke Cempalagi, Ada Apa?

Bone

Brimob Bone Sabet Hadiah Utama Gowes Santai HUT RI ke-77

Sinjai

Kunjungi Lokasi Bencana Kebakaran, Bupati Sinjai Beri Bantuan Hingga Dengar Keluhan Warganya