Ketua TP-PKK Buka Lomba CTPS Lansia Tingkat Kabupaten

Ketua TP PKK Soppeng Hj Nurjannah saat memberikan hadiah lomba CTPS

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng bekerjasama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar lomba Senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Lansia, di Baruga Rujab Bupati Soppeng, Sabtu (3/4/2021).

Ketua Panitia Pelaksana Yanwar Saiful, dalam laporannya mengatkan lomba yang dilaksanakan pada kesempatan ini adalah lomba senam cuci tangan dan lomba cuci tangan pakai sabun dengan dewan juri dari TP PKK kabupaten Soppeng, Dinas Kesehatan, dan RS Latemmamala Sopepeng.

“Kami harapkan kepada dewan juri agar bisa melaksanakan kegiatan ini tanpa ada campur tangan dan melaksanakan kegiatan ini secara mutlak,” katanya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Soppeng, Hj Nurjannah A Kaswadi Razak, yang membuka secara resmi acara Lomba Senam CTPS Lansia mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang baik dan menarik, karena biasanya anak yang diajarkan di sekolah bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.

“Kali ini berbeda, dan cara penerapannya dilakukan dengan lomba. Tentunya kita mengharapkan orang tua kita juga dapat mengajarkan kepada cucunya bagaimana cara mencuci tangan yang baik dengan memakai sabun,” katanya.

Dikatakan Nurjannah, cuci tangan merupakan kegiatan sederhana namun berdampak bagi kesehatan, dengan membiasakan mencuci tangan berarti telah menerapkan pola hidup bersih dan sehat dilingkungan kita masing-masing.

“Untuk itu saya mengajak kepada semuanya, mari kita membiasakan diri untuk selalu cuci tangan pada waktu tertentu seperti sebelum makan, mengolah makanan, setelah buang air, dan mari jadikan ini sebagai kegiatan yang kita laksanakan agar kita semua dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti diare atau covid-19,” ujarnya.

Lomba ini terdiri dari 17 kelompok dari 17 puskesmas. Tiap kelompok terdiri dari 6 orang.
Dan lomba perorangan terdiri dari 17 orang.

Turut Hadir, Kadis Kesehatan, para pengurus TP PKK Kabupaten Soppeng, para perwakilan PKK Desa dan Puskesmas se-Kabupaten Soppeng.