Home / Sinjai

Kamis, 3 Maret 2022 - 17:15 WIB

Puluhan Miliar Disiapkan Pemerintah Sinjai Untuk Pembangunan di Pulau Sembilan

Puluhan Miliar Disiapkan Pemerintah Sinjai Untuk Pembangunan di Pulau Sembilan

Puluhan Miliar Disiapkan Pemerintah Sinjai Untuk Pembangunan di Pulau Sembilan

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terus berupaya untuk fokus meningkatkan pembangunan di berbagai sektor.

Tak terkecuali Kecamatan Pulau Sembilan yang berada di daerah kepulauan. Upaya ini dilakukan dalam rangka mendukung pemerataan pembangunan di setiap wilayah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Meski masih dalam pandemi Covid-19, tidak tanggung-tanggung anggaran yang digelontorkan untuk Kecamatan Pulau Sembilan tahun 2022 ini mencapai puluhan miliar rupiah lebih.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib yang mewakili Bupati ASA dalam acara Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Pulau Sembilan bertempat di Teras Puskesmas Pulau Sembilan, Rabu (2/3/2022).

Menurut Irwan yang juga selaku Koordinator Musrembang Kabupaten Sinjai ini menyampaikan, anggaran tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Sinjai, APBD Provinsi Sulsel maupun dari Pemerintah Pusat.

Terdapat beberapa kegiatan besar yang lokusnya di Kecamatan Pulau Sembilan tahun 2022 yaitu pengadaan alat praktik dan peraga siswa pada 3 sekolah SD senilai Rp375 juta, penanganan permukiman kumuh, berupa pengadaan instalasi pengolahan Air Bersih Siap Minum (Arsinum) senilai Rp1 milyar dari APBD Propinsi.

Pembangunan jalan lingkungan di Pulau Harapan Rp344,95 juta lebih, pengadaan pemeliharaan rehabilitasi sarana dan prasarana destinasi pariwisata senilai Rp322 juta, penyediaan fasilitas, sarana prasarana pelayanan kesehatan untuk puskesmas dan kendaraan Pusling roda dua, senilai Rp543,53 juta lebih.

Selain itu, program pengelolaan perikanan budidaya, berupa sarana prasarana budidaya rumput laut senilai Rp275 juta lebih, bantuan kapal, mesin kapal dan alat bantu tangkap ikan senilai Rp565 juta, insentif petugas keagamaan dan hibah untuk 1 mesjid senilai Rp122,9 juta.

Tidak hanya itu, dua proyek pelabuhan/dermaga yamg akan dirampungkan tahun ini yaitu pembangunan Dermaga Apung, di Desa Buhung Pitue dengan anggaran berkisar Rp1,49 milyar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan menyelesaian pembangunan Dermaga Pelabuhan Kambuno, senilai Rp70 milyar selama tiga tahun anggaran.

“Diharapkan dengan selesainya dermaga ini dapat memperlancar distribusi barang dan mobilitas orang, serta mempermudah akses ke destinasi wisata di Pulau Sembilan sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga setempat,” jelas Kepala Bappeda yang membacakan sambutan Bupati ASA. [Ikhlas/Sudirman]

Share :

Baca Juga

Sinjai

Safari Ramadan di Sinjai Barat, Bupati Minta Dukungan dan Doa Realisasikan Program Pemerintah

Daerah

Polsek Sinjai Tengah Peduli Lingkungan, Jaga Komunikasi Melalui Kerja Bakti

Sinjai

Disdukcapil Sinjai Pakai Sistem Antar Jemput Untuk Wujudkan Tertib Kependudukan

Sinjai

Pemkab Sinjai Target Enam Ribu Sapi di Inseminasi Buatan

Sinjai

Jajaran DPRD Sinjai Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten, Begini Harapan Ketua

Sinjai

Disdik Sinjai Perpanjangan Masa Pendaftaran PPDB

Advertorial

Rapat Umum Porprov, Ketua Panitia Sinjai Tekankan Pelayanan Dimaksimalkan

Advertorial

Sentra Industri Peternakan dan Logam di Sinjai Dipastikan Rampung Tahun Ini